Satu WNA Buronan Filipina Diduga Berhasil Sampai Jakarta

Kepala Imigrasi Batam Samuel Toba melakukan konferensi pers di Batam, Senin (26/8/2024). Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Batam menduga satu Warga Negara Asing (WNA) Filipina yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Pemerintah Filipina berinisial AG kini telah berhasil tiba di Jakarta. Setelah sebelumnya sempat berada di Batam bersama keluarga dan kerabatnya.

Kepala Kantor Imigrasi Batam, Samuel Toba menerangkan AG yang merupakan mantan Walikota Bamban. AG Disebut meninggalkan Batam setelah dua rekannya berinisial SG (40), dan KO (24) diamankan saat akan menyebrang ke Malaysia melalui Pelabuhan Internasional Batam Center.

“Satu WNA berinisial AG diketahui sudah berada di Jakarta. Keberadaannya tengah dicari oleh tim Imigrasi bersama otoritas Filipina,” sebutnya saat ditemui di kantornya, Senin (26/8/2024).

Sementara satu orang lainnya berinisial WG, juga diketahui telah berhasil berangkat meninggalkan Batam dan kini telah berada di Hongkong.

Keterangan ini diakuinya didapatkan dari keterangan Imigrasi Filipina, yang ikut dalam pencarian keempat orang tersebut.

“Terkait satu lainnya yang berhasil berangkat ke Hongkong. Dia berhasil meninggalkan Batam sesaat sebelum surat DPO dikeluarkan oleh otoritas Filipina,” sebutnya.

Saat ditanyakan keberadaan keempat WNA Filipina yang dimaksud, Samuel menerangkan hal ini diketahui setelah otoritas Filipina mengeluarkan surat pencarian orang pada, Senin (19/8/2024) lalu.

Mendapati hal ini, pihak Imigrasi Batam kemudian melakukan pelacakan, dan berhasil menemukan dua WNA berinisial SG dan KO, sesaat sebelum berangkat menuju Malaysia melalui Pelabuhan Internasional Batam Center.

Selain itu, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Batam juga mengungkap keterlibatan dugaan WNA Singapura berinisal ZJ. Dalam membantu pelarian buronan asal Filipina ke Batam, hingga pemesanan kamar di Harris Hotel Batam Center.

“WN Singapura ini turut membantu, dan sekarang sudah tidak ada di Indonesia,” kata dia. (Nando)