Pilkada Karimun 2024: Tiga Paslon Jalani Tes Kesehatan di RSBP Batam

Tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Karimun 2024 menjalani tes kesehatan di RSBP Batam, Sabtu (31/8/2024). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Pemilihan Kepala Daerah Karimun tahun 2024 menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Kota Batam.

“Benar, ketiga paslon hari ini melakukan tes kesehatan di RSBP Kota Batam,” jelas Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Mardanus saat dikonfirmasi via seluler, Sabtu (31/8/2024).

Lebih lanjutnya lagi, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh para paslon meliputi beberapa kategori seperti pemeriksaan kesehatan jiwa, kondisi psikolog, fisik hingga pemeriksaan status penggunaan narkotika.

Mardanus menyebutkan pemeriksaan atau tes kesehatan oleh pasangan calon yang telah mendaftar ke KPU itu merupakan bagian dari tahapan Pilkada Karimun.

Ia juga menegaskan hasil pemeriksaan ini bukan hanya sekedar mengetahui sehat atau tidaknya paslon. Tetapi guna memastikan kemampuan paslon tersebut menjalankan tugas ketika terpilih untuk memimpin.

“Jadi pemeriksaan ini bukan hanya sekedar mengetahui kesehatannya saja, tapi memastikan mampu atau tidaknya paslon itu memimpin lima tahun kedepan. Setelah itu, KPU Karimun yang akan menyimpulkan paslon tersebut memenuhi persyaratan sehat atau tidak,” pungkasnya.

Diketahui ketiga pasangan calon yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan pada hari ini yakni paslon Bakti Lubis-Raja Bakhtiar, paslon Muhammad Firmansyah-Ery Suandi dan paslon Ing Iskandarsyah-Rocky Marciano Bawole. (Andre)