Mantan Walikota Batam Nyat Kadir Tutup Usia, Jenazah Tiba di Batam Besok

nyat kadir tutup usia
Mantan Walikota Batam Nyat Kadir. Foto: Instagram/officialnyatkadir

AlurNews.com – Mantan Walikota Batam periode 2001-2005, Nyat Kadir tutup usia di Jakarta, Minggu (1/9/2024) siang. Almarhum Nyat Kadir meninggal pada usia 75 tahun, di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta.

Sekretaris Umum Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepulauan Riau Kota Batam Raja Muhamad Amin membenarkan informasi ini. Ia menyebut jenazah direncanakan tiba di Batam, Senin (2/9/2024) besok.

Rencananya jenazah politisi Nasdem itu akan langsung disemayamkan di rumah duka, sebelum dikebumikan.

“Insya Allah akan dibawa ke Batam, pesawat pertama pukul 06.10 WIB besok. Hari ini setelah magrib kita mau rapat prosesi penerimaan jenazah dari Jakarta,” ujarnya melalui sambungan telepon, Minggu (1/9/2024).

Jenazah almarhum Nyat Kadir rencanamya akan dikebumikan di Makam Zuriat, dan Kerabat Nong Isa Nongsa setelah ibadah salat zuhur.

“Malam ini mau kita rapatkan dengan orang tua kita para tetua adat,” lanjutnya.

Proses penyambutan Nyat Kadir, menurutnya perlu dilakukan mengingat sosok almarhum sebagai tokoh berpengaruh di Kepri, khususnya Kota Batam.

Nyat Kadir juga merupakan tokoh yang mencetuskan visi misi Kota Batam yaitu menjadikan Batam Bandar Dunia Madani.

“Kepedulian beliau terhadap Melayu sangat luar biasa, terutama untuk masyarakat tempatan, termasuk juga bagaimana menerima para pendatang yang berkunjung ke Batam,” kata Amin.

Disinggung mengenai penyakit yang diderita, Amin menyebut almarhum mengalami beberapa komplikasi seperti kekurangan oksigen pada darah, permasalahan paru-paru, dan masalah pada batu empedu

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, almarhum Nyat Kadir juga sempat menjalani perawatan intens selama 11 hari di Rumah Sakit tersebut.

“Sakitnya komplikasi, ada kekurangan oksigen di darah, operasi batu empedu, kemudian di paru-paru juga ada masalah. Dirawat 11 hari,” paparnya. (Nando)