KONI Kepri Ajukan Bonus Rp500 Juta untuk Atlet Peraih Emas di PON Aceh-Sumut

bonus untuk atlet kepri
Atlet Kepri saat mengikuti pelepasan untuk berangkat ke PON Aceh-Sumut 2024, Kamis (5/9/2024). Foto: AlurNews.com

AlurNews.com – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Usep RS mengajukan bonus Rp500 juta bagi atlet peraih medali emas pada perhelatan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Hal tersebut diungkapkan usai menghadiri acara pelepsan kontingen Kepri di Asrama Haji Batam Center, Kota Batam, Kamis (5/9/2024).

“Pada PON Papua 2021 lalu, atlet kita yang behasil meraih medali emas dapat bonus Rp350 juta, tentu di tahun ini kami berharap bonus yang diperoleh atlet lebih besar dari sebelumnya yakni Rp500 juta,” ujar Usep

Pihaknya telah mengajukan usulan besaran nominal bonus tersebut kepada Pemerintah Provinsi (Pemrpov) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri.

“Usulan ini untuk mengapresiasi sekaligus sebagai bentuk motivasi untuk memacu para atlet Kepri yang bertanding di PON XXI Aceh-Sumut, sehingga mereka dapat meraih prestasi dan mencapai target yang kita tetapkan,” katanya.

Usep menambahkan, sebanyak 106 atlet Kepri yang dikirim untuk bertanding dalam 31 cabang olahraga telah menjalani persiapan yang maksimal. Pihaknya menargetkan kontingen Kepri dapat meraih 10 medali emas dan finish di peringkat 15 besar.

“Selama proses persiapan kami selalu melakukan monitoring terhadap para atlet. Mereka sangat serius dan semangat saat berlatih. Kami sangat optimis di ajang PON kali ini Kepri mampu finish di 15 besar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Provinsi Kepri, Muhammad Ikhsan mengatakan, Pemprov Kepri telah mengalokasikan dana sebesar Rp10,415 miliar untuk memfasilitasi kontingen Kepri yang mengikuti PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Ia menyebutkan, anggaran tersebut dialokasikan untuk biaya operasional seperti penginapan, keberangkatan, serta pemenuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama proses persiapan dan pelaksaan PON.

“Semuanya sudah kita salurkan ke seluruh cabor yang dipertandingkan,” ujarnya.

Terkait besaran bonus untuk atlet yang diusulkan oleh KONI Kepri, Sekdaprov Kepri, Adi Prihantara menyebut pihaknya menunggu keputusan dari Gubernur.

“Untuk bonus kepada para atlet belum dapat kita sampaikan secara detail terkait nominalnya, yang jelas anggarannya sudah kita siapkan,” katanya. (roma)