Dorong Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Islam di Kawasan, YAPEIM Malaysia Gelar Forum Serantau 2024

Yayasan Pembangunan Ekonomi Islam Malaysia (YAPEIM) akan menggelar Forum Serantau YAPEIM 2024 (FSY2024) pada 1 & 2 Oktober 2024 mendatang di Hotel Putrajaya Marriott, Malaysia. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Yayasan Pembangunan Ekonomi Islam Malaysia (YAPEIM) akan menggelar Forum Serantau YAPEIM 2024 (FSY2024) pada 1 & 2 Oktober 2024 mendatang di Hotel Putrajaya Marriott, Malaysia.

YAPEIM merupakan sebuah lembaga di bawah Jabatan Perdana Menteri (Hal Ehwal Agama) Malaysia. Didirikan sejak tahun 1984, YAPEIM berperanan dalam mensejahterakan ummat dalam pembangunan ekonomi Islam, memberi bantuan pendidikan, komunitas, hingga memberikan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Ahli Lembaga Pemegang Amanah YAPEIM merangkap Pengerusi Jawatankuasa Penganjur FSY2024 Prof. Dato’ Dr. Saadiah binti Mohamad mengatakan, forum serantau ini akan memfokuskan pada upaya pembangunan ekonomi dan keuangan Islam di seluruh rantau Nusantara, termasuk Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, Kamboja, dan Indonesia.

Forum akan menghadirkan hampir 60 pembicara dan ahli dari berbagai latar belakang di antaranya dari Indonesia, Kamboja, Singapura, Thailand dan United Kingdom, dan Malaysia. Acara akan dibuka secara langsung oleh Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim.

“Narasumber yang akan dihadirkan dari berbagai latar belakang, seperti tokoh politik, pakar ekonomi, tokoh pemuda, pengusaha dan sebagainya. Salah satunya Bapak Chairul Tanjung, pengusaha sukses dari Indonesia,” ujarnya dalam konferensi pers, yang diikuti secara virtual, Kamis (13/9/2024).

Di antara topik yang akan dibicarakan antara lain memerangi kemiskinan, keuangan Islam, teknologi keuangan atau fintech, ekonomi hijau, pariwisata, hingga industri halal.

Sementara itu, Saadiah binti Mohamad forum ini akan dihadiri sekitar 500 orang peserta dari dalam dan luar negeri. Selain bisa diikuti secara langsung bisa juga disaksikan di laman Youtube YAPEIM TV dan Facebook YAPEIM Official.

“Forum ini diharap dapat menjadi platform untuk kerangka strategi terbaru dan inisiatif yang dapat memajukan ekonomi Islam di rantau ini serta memberi dorongan kepada pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif,” ujarnya.

Sementara, Ketua Pegawai Eksekutif merangkap Ketua Pengarah YAPEIM, En Ameer Ali bin Vali Mohamed, mengatakan YAPEIM merupakan lembaga sosial yang menghimpun infak dan kemudian menyalurkan pada masyarakat yang membutuhkan. Di antaranya memberikan pendanaan pada masyarakat kecil yang tidak mampu menjangkau lembaga keuangan seperti bank.

“YAPEIM mendapatkan mandat dari Kerajaan sebagai microfinance, memberikan pendanaan pada masyarakat yang tak mampu,” katanya. (rul)