Hari Jadi Kepri ke-22, Rudi Tekankan Pentingnya Pembangunan Ekonomi Batam

Walikota Batam Muhammad Rudi pimpin upacara Hari Jadi Kepri ke-22 tingkat Kota Batam, Selasa (24/9/2024). Foto: Humas BP Batam.

AlurNews.com – Walikota yang juga menjabat Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi menekankan pentingnya pembangunan ekonomi Batam saat memimpin upacara Hari Jadi Provinsi Kepri ke-22 tingkat Kota Batam, Selasa (24/9/2024).

“Selamat Hari Jadi Provinsi Kepri. Semoga semakin maju, menjadi daerah yang berdaya saing tinggi, dan masyarakatnya sejahtera. Kepri hebat, terus melaju!” ujarnya saat memberikan sambutan.

Ia mengatakan Batam adalah penyumbang utama dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri.

“Untuk itu penting bagi kita untuk menjaga kekompakan dan aktif memberikan kontribusi,” ujar Rudi.
 
Tercatat di tahun 2023, pertumbuhan ekonomi Kota Batam mencapai 7,04 persen, melebihi pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri sebesar 5,20 persen dan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,05 persen.
 
Didukung dengan status Kota Batam sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB), serta didukung dengan tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yaitu KEK Nongsa, KEK Batam Aero Technic (BAT), dan KEK Pariwisata Kesehatan Internasional Batam, semakin mengukuhkan posisi Batam sebagai tulang punggung perekonomian Provinsi Kepri.
 
Oleh karena itu Rudi mengajak seluruh komponen daerah untuk terus memaksimalkan potensi Kepulauan Riau sebagai daerah maritim dengan mengedepankan program pembangunan infrastruktur dasar sebagai prioritas utama.

“Mari, kita sama-sama berkontribusi agar Kepri bisa lebih maju,” ujarnya.
 
Perkembangan infrastruktur yang terus bertumbuh di Kota Batam, diharapkannya dapat diteruskan hingga ke kota dan kabupaten lain di Provinsi lain sehingga mencapai peningkatan ekonomi yang menyeluruh. (red)