Hari Pertama Kampanye, Paslon Asli Tampung Aspirasi Warga Bambu Kuning

Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad dan Li Claudia Chandra mengadakan pertemuan dengan warga Perumahan Bambu Kuning, Kelurahan Bukit Tempayan, Kecamatan Batuaji, Jumat (27/9/2024) malam. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad dan Li Claudia Chandra, yang dikenal pasangan ASLI, mengadakan pertemuan dengan warga Perumahan Bambu Kuning, Kelurahan Bukit Tempayan, Kecamatan Batuaji, Kota Batam pada Jumat malam (27/9/2024). Kegiatan ini merupakan hari pertama masa kampanye. Pertemuan itu terlaksana di fasilitas umum (Fasum) RW 03 perumahan tersebut.

Kehadiran pasangan ASLI disambut antusias oleh ratusan warga yang hadir. Mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan sejumlah permasalahan yang dihadapi. Mulai dari persoalan pendidikan hingga kesejahteraan untuk masyarakat lanjut usia.

Ria, salah satu warga yang hadir, menanyakan rencana pengadaan gedung sekolah Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat lanjut di wilayah mereka.

Menanggapi pertanyaan terkait pembangunan sekolah, Amsakar menjelaskan bahwa hal itu berada di bawah kewenangan BP Batam. Namun, ia optimistis bahwa jika Wali Kota Batam juga menjabat sebagai Kepala BP Batam, sebagaimana diatur dalam PP Nomor 62 Tahun 2019, pembangunan infrastruktur seperti gedung sekolah akan lebih mudah diwujudkan.

“Jika Wali Kota Batam ke depan selaras dengan Presiden Prabowo Subianto, maka pembangunan gedung sekolah akan lebih lancar. Pasangan ASLI adalah pilihan yang tepat untuk itu,” kata Amsakar.

Terkait dengan kesejahteraan lansia, Amsakar menegaskan bahwa insentif bagi lansia adalah bagian penting dari program prioritas ASLI yang akan direalisasikan. Program ini bertujuan memberikan perhatian khusus kepada para lansia, membantu memenuhi kebutuhan dasar mereka, serta memastikan kesejahteraan sosial tetap terjamin.

“Insentif lansia adalah bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat lanjut usia. Kami akan memastikan program ini berjalan dengan baik dan menjangkau seluruh lansia yang berhak menerimanya,” ujar Amsakar.

Amsakar menjelaskan tujuh program prioritas yang diusung oleh pasangan ASLI. Ia juga menjelaskan alasan di balik pemilihan nama “ASLI.”

“ASLI adalah singkatan dari Amsakar Achmad dan Li Claudia Chandra. Kami adalah putra-putri daerah asal Kepulauan Riau yang tulus berkomitmen untuk membangun tanah kelahiran kami. Niat kami adalah memajukan Batam karena kecintaan dan ikhtiar kami kepada negeri ini,” ungkap Amsakar.

Ia menambahkan bahwa pasangan ASLI akan mencatat sejarah di Batam sebagai pasangan pertama yang memiliki calon Wakil Wali Kota perempuan, yaitu Li Claudia Chandra. Hal ini, menurutnya, akan menambah kekuatan dalam kebijakan yang lebih inklusif untuk kemajuan Batam.

“Li Claudia adalah kader terbaik presiden terpilih, Prabowo Subianto. Sinergi ini akan memperkuat langkah kami dalam membangun Batam menuju kota yang lebih modern dan sejahtera,” tambahnya.

Amsakar kemudian menguraikan tujuh program prioritas ASLI, di antaranya penyediaan air bersih; penanggulangan banjir dengan pompa; jaminan kesehatan; pinjaman tanpa bunga bagi UMKM hingga Rp 20 juta; pemberian seragam gratis untuk siswa SD dan SMP; insentif bagi lansia; serta peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan; dan pelatihan keterampilan kerja.

Amsakar menegaskan komitmen pasangan ASLI untuk menuntaskan pembangunan yang belum terselesaikan, termasuk masalah sertifikat hak milik (SHM) di kampung tua.

“Insya Allah, saya dan Ibu Li Claudia Chandra berkomitmen menuntaskan persoalan kampung tua sesuai kesepakatan yang telah dibuat. Kami maju dalam Pilkada ini untuk melanjutkan yang perlu dilanjutkan, meluruskan yang bengkok, serta memperbaiki dan menyempurnakan pembangunan Batam ke depan,” katanya.

Pertemuan ini mendapat sambutan antusias dari warga, mereka secara terbuka menyatakan dukungan terhadap visi dan misi pasangan ASLI. Warga merasa program-program yang diusung Amsakar Achmad dan Li Claudia Chandra dapat menjawab tantangan pembangunan di Batam dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (rul)