HUT ke-79 TNI, Mayjen Jimmy Ramoz Manalu Ingatkan Prajurit Kerja Keras dan Ikhlas

Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2024 berlangsung cukup khidmat di Dataran Engku Putri, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (5/10/2024). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2024 berlangsung cukup khidmat di Dataran Engku Putri, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (5/10/2024).

Dalam pelaksanaannya, upacara ini dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara (Irup) Kaskogabwilhan I Mayjen TNI Jimmy Ramoz Manalu yang diikuti ratusan prajurit yang terdiri dari 3 matra TNI AD, TNI AU dan TNI AL, Personel Polda Kepri, Brimob Polda Kepri, Organisasi Masyarakat serta lainnya.

Upacara ini juga dihadiri langsung oleh Plt Gubernur Kepri Marlin Agustina, Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Danrem 033/WP Brigadir Jenderal TNI Bambang Hergutanto,
Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto serta para PJU TNI AL, TNI AD dan TNI AU.

Disaksikan oleh ribuan masyarakat Batam yang hadir pada saat itu, upacara memperingati HUT TNI ke-79 tahun 2024 kali ini mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”.

Kaskogabwilhan I Mayjen TNI Jimmy Ramoz Manalu mengatakan, memperingati HUT TNI ke-79, seluruh prajurit TNI harus tetap bekerja keras bekerja ikhlas untuk memaksimalkan kemampuan dan memanfaatkan peluang dalam memberikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“TNI juga harus tetap bertanggung jawab pada tugas yang dilaksanakan dengan semangat gotong royong dan sinergitas bersama komponen bangsa lain,” ujar Mayjen TNI Jimmy Ramoz Manalu.

Dalam momentum ini, Mayjen TNI Jimmy Ramoz Manalu menyampaikan, masih banyak hal-hal yang harus dibenahi sehingga menjadikan TNI yang benar-benar dapat diandalkan dalam melindungi kedaulatan bangsa serta melindungi wilayah NKRI berdasarkan Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945 dari segala bentuk ancaman dan gangguan.

“Saya mengajak seluruh prajurit dan keluarga besar TNI untuk memberikan apresiasi tulus kepada Bapak Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo atas dedikasi dan kerja kerasnya selama 10 tahun memimpin Republik Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Jimmy, kepemimpinan Ir Joko Widodo telah banyak memberikan kotribusi dan berjuang untuk kemajuan TNI hingga seperti apa yang dirasakan saat ini.

Untuk menyambut, Presiden terpilih Jenderal TNI Purn Prabowo Subianto, Jimmy Ramoz Manalu mengajak segenap Prajurit untuk mendukung seluruh program kepemimpinan Prabowo Subianto.

“Saya yakin pada masa kepemimpinan beliau nanti, TNI akan semakin kuat, berwibawa dan semakin disegani negara di dunia,” ujarnya.

Mayjen TNI Jimmy Ramoz Manalu menegaskan, menjelang pelantikan Presiden terpilih, prajurit TNI diharapkan selalu waspada dan tidak mudah terhasut oleh isu-isu provokatif yang berusaha memecah belah soliditas TNI, menghancurkan sinergitas TNI-Polri, Kementerian, lembaga lainnya serta kemanunggalan TNI bersama rakyat.

“Untuk itu, perlu dipedomani dan dilaksanakan yakni perkokoh keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan meluangkan waktu serta meluaskan hati untuk selalu beribadah,” katanya.

Tak hanya itu, pertahankan dan tingkatkan solidaritas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat. Agar TNI selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber Bhineka Tunggal Ika.

“Tingkatkan kewaspadaan, profesionalitas serta kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi tantangan tugas ke depan,” tuturnya.

Kemudian, Mayjen TNI Jimmy Ramoz Manalu menekankan, bahwa seluruh prajurit diharapkan dapat membangun kordinasi yang baik dengan pemerintah daerah setempat semua instansi serta komponen bangsa, demi terlaksananya Pilkada serentak yang aman tertib dan lancar.

“Laksanakan setiap tugas penuh keikhlasan dilandasi niat ibadah serta hindari segala bentuk tindakan melawan hukum atau melawan rakyat. Karena tugas TNI untuk kepentingan rakyat bangsa dan negara,” tuturnya.

Selain menggelar upacara, peringatan HUT TNI ke-79 tahun 2024 ini, juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan untuk menghibur masyarakat Batam seperti, demo beladiri kolosal, drama kolosal, atraksi motor paralayang, defille pasukan, defille alutsista dan panggung hiburan. (rul)