Penampilan Drama Kabaret perjuangan Haji Fisabillilah Pahlawan Nasional Meriahkan HUT ke-79 TNI.

Penampilan drama kabaret memeriahkan HUT ke-79 TNI tingkat Provinsi Kepri di Dataran Engku Putri, Batam, Sabtu (5/10/2024). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Penampilan drama kabaret memeriahkan HUT ke-79 TNI tingkat Provinsi Kepri di Dataran Engku Putri, Batam, Sabtu (5/10/2024). Drama kabaret tersebut ditampilkan dari Kodim Batam berkolaborasi dengan Disbudpar serta bagian Humas Diskominfo Kota Batam serta komunitas kota Batam.

Dandim 0316 Batam Kolonel Inf. Rooy Chandra Sihombing mengatakan bahwa sengaja mengangkat pertunjukan kabaret. Melambangkan Perjuangan Pahlawan Nasional dari Kepri Raja Haji Fisabilillah yang heroik.

“Perjuangan Pahlawan Nasional Haji Fisabilillah dari Kepri sangat heroik yang berhasil menenggelamkan Kapal Belanda, ini pertanda bangsa Melayu adalah bangsa petarung dan Patriotik,” ujarnya

Ditempat yang sama, Kepala Disbudpar Batam yang juga sebagai Sutradara, Ardiwinata, mengapresiasi Kodim 0316 Batam memberikan kesempatan menampilkan kabaret perjuangan H Fisabililah Sang Penjaga Selat Malaka.

“Penampilan sangat memuaskan dengan persiapan yang singkat , para pendukung watak sangat prima memainkan lakon nya masing masing,” ujar Ardiwinata.

Ia mengatakan, dengan latihan serius, para pelakon bisa tampil sempurna sesuai naskah drama. Adapun, para pemeran terdiri dari TNI, pegawai Disbudpar Batam, hingga para penari.

“Mereka sangat menjiwai, dan memukau para peserta upacara HUT ke-79 TNI,” katanya.

Adapun drama tersebut, mengangkat kisah pahlawan asal Kepulauan Riau, Raja Haji Fisabillah yang berjuang melawan penjajah khususnya di kawasan Selat Malaka.

Dalam drama itu ditampilkan bagaimana kelicikan penjajah hingga keberanian Raja Haji Fisabillah dalam menumpas penjajah hingga sukses memukul mundur para penjajah.

“Kami ingin keberanian Raja Haji Fisabilillah dapat menjadi teladan dan semangat bagi generasi penerus untuk mempertahankan NKRI, sehingga kami tercetus untuk menampilkan drama kabaret ini di HUT ke-79 TNI,” katanya. (rul)