Tak Ada Cuti Bersama Hakim, PN Batam Tetap Gelar Persidangan

hakim PN Batam
Para tahanan di Pengadilan Negeri Batam menunggu jadwal sidang. Foto: AlurNews.com/Roma

AlurNews.com – Adanya aksi ribuan hakim di Indonesia yang melakukan cuti bersama tidak berlaku di Batam. Pengadilan Negeri (PN) Batam masih menggelar sidang seperti biasanya, pada Senin, (7/10/2024).

Berbeda dengan sejumlah wilayah yang terdampak cuti bersama, PN Batam memastikan agenda persidangan tetap berjalan sesuai jadwal. Terlihat di sel tahanan sementara PN Batam, para tahanan menunggu sidang sesuai jadwal yang telah ditentukan. Biasanya sidang di PN Batam dimulai pukul 13.00-14.00 WIB.

“Ada sekitar 40 sidang hari ini. Ini lagi menunggu sidang dimulai,” ujar pengawal tahanan Kejaksaan Negeri Batam saat ditemui.

Sementara di ruang tunggu PN Batam, para keluarga juga menunggu tengah menunggu anggota keluarganya untuk menjalani sidang.

Humas Pengadilan Negeri Batam, Welly Irdianto saat dikonfirmasi mengatakan jadwal sidang berjalan seperti biasanya. “Untuk sidang hari ini berjalan seperti biasanya,” ujar Welly.

Pantauan di lokasi meskipun waktu telah menunjukkan pukul 13.00 WIB dan belum ada sidang yang dimulai, hal ini disebabkan oleh adanya kegiatan Zoom Meeting Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Direktorat Badan Peradilan Umum. Proses persidangan akan dilanjutkan setelah zoom meeting selesai.

Sementara itu, mengenai aksi ribuan hakim di Indonesia cuti bersama, Welly mnyampaikan sejumlah hakim yang tidak memiliki jadwal persidangan pada hari ini mengikuti diskusi tersebut sebagai bagian dari kegiatan solidaritas Hakim Indonesia.

“Ini mau sidang, mana yang nggak ada jadwal sidang, ngikuti zoom meeting solidaritas hakim Indonesia,” katanya.

Hingga saat ini, tidak ada laporan tentang cuti bersama yang diambil oleh para hakim atau staf pengadilan. “Kalau cuti engga ada hingga hari ini,” kata Welly. (Roma)