Goro OPD Pemko Batam Dimulai Jumat, Ini Lokasinya

Pjs Wali Kota Batam Andi Agung memeriksa banjir yang terjadi di Batam. Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com – Menanggapi banjir yang terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi pada Senin (14/10/2024), Pemerintah Kota Batam merencanakan aksi gotong-royong (goro). Kegiatan ini akan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama para Camat, yang difokuskan di sejumlah titik rawan banjir.

“Kami upayakan cepat gerak, ada beberapa sudah titik dinormalisasi tadi, terutama di Kepri Mall dan simpang Rumah Makan Datuk. Kami naikkan sampah-sampahnya itu, hari ini kami tindak lanjuti seluruh OPD dengan camat, kami kumpulkan semua di rapat ini,” ujar Andi Agung, Selasa (15/10/2024).

Kemudian pada Jumat mendatang seluruh pegawai Pemko Batam akan turun tangan dalam kegiatan gotong royong untuk membersihkan beberapa titik rawan banjir.

“Pertama, Bina Marga ya. Kedua, seluruh pegawai Pemko nanti InsyaAllah hari Jumat akan laksanakan gotong royong di beberapa titik,” tambahnya.

Andi Agung menekankan pentingnya menjaga kebersihan di jalan-jalan utama Kota Batam, terutama di jalan-jalan protokol yang kerap menjadi pusat aktivitas masyarakat.

“Langkah betul yang harus kita lakukan ini bagaimana mengurangi, terutama di jalan-jalan protokol, jalan-jalan utama yang ada di Kota Batam. Ada beberapa titik, yang pasti tiga titik untuk gotong royong hari Jumat itu,” kata Andi.

Ia juga menambahkan bahwa Pemko Batam telah memetakan sekitar 20 titik rawan banjir di seluruh wilayah kota.

“Sebaran titik rawan banjir sudah dipetakan, ada 20 titik banjir. Yang pasti, langkah-langkah tetap kita lakukan, karena kita melihat lagi jangan sampai cuaca ekstrem, hujan lagi, kejadian lagi,” sebutnya.

Menurutnya, salah satu kendala yang dihadapi adalah pasang surut air laut yang membuat aliran air dari daratan tidak bisa langsung menuju laut.

“Dan memang semalam itu kita lihat, pas waktu pasang, akhirnya tidak bisa langsung mengalir air itu ke laut,” ujarnya. (Nando)