Antisipasi Banjir, Sungai di Perumahan Puri Loka Segera Dinormalisasi

perumahan puri loka
Sekda Batam Jefridin meninjau sungai di Perumahan Puri Loka, Sei Panas, Rabu (16/10/2024). Foto: Media Center Batam.

AlurNews.com – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin meminta Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM SDA) Kota Batam segera melakukan normalisasi sungai di kawasan Perumahan Puri Loka, Sei Panas, Kota Batam.

Permintaan ini disampaikan saat Jefridin meninjau lokasi yang terdampak banjir akibat hujan yang terjadi pada Senin (14/10/2024).

“Air meluap saat hujan deras karena sungai menyempit, ditambah sampah yang menyumbat parit,” ujar Jefridin di lokasi, Rabu (16/10/2024), dikutip dari Media Center Batam.

Di area sekitar sungai tersebut sedang dibangun ruko dan town house. Dari hasil pengukuran, diketahui lahan yang digunakan pengembang melebihi batas yang ditetapkan BP Batam.

“Pastikan luas lahan yang digunakan pengembang, lalu panggil untuk dibahas bersama,” jelasnya, didampingi oleh Kadis CKTR Kota Batam, Azril Apriansyah.

Jefridin meminta agar pengembang menghentikan pembangunan guna menghindari banjir.

“Jika pembangunan diteruskan, sungai akan semakin sempit dan berpotensi banjir saat hujan deras,” tambahnya.

Selain meninjau sungai, Jefridin juga melihat kondisi jalan menuju Perumahan Puri Loka yang sebagian tergerus air. Warga khawatir terjadi longsor jika situasi ini dibiarkan.

“Perlu perhatian lebih untuk mencegah longsor. Rumput di sekitar jalan jangan ditebang habis karena akarnya bisa menahan tanah,” ujar Jefridin kepada RT setempat.

Jefridin juga meninjau normalisasi parit di depan Perumahan Taman Seruni yang diharapkan dapat mencegah banjir di kawasan tersebut. (red)