DLH Beli Armada Pengangkut Sampah Baru 2025 Mendatang, Andi Agung Siap Kawal Anggaran

Pjs Wali Kota Batam, Andi Agung. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam sudah mengusulkan anggaran untuk pembelian armada baru. Anggaran untuk pembelian armada kurang lebih Rp16 miliar pada APBD 2025 mendatang.

“Itu informasinya yang saya dapat. Kami akan kawal ini sampai penandatangan APBD 2025 mendatang. Insya Allah saya akan teken nanti. Karena paling lambat kalau tidak salah tanggal 21 November lah,” ujar Penjabat sementara (PJs) Walikota Batam, Andi Agung, Rabu (16/10/2024).

Ia juga akan mengawal anggaran pengadaan armada sampah di APBD 2025 mendatang. Hal ini disampaikan usai meninjau kondisi armada sampah yang beroperasi, maupun yang parkir atau tidak beroperasi.

“Kritik kondisi armada susah sangat marak di media sosial. Pengaduan masyarakat soal kelayakan armada perlu menjadi atensi pemerintah. Jangan biarkan masyarakat ini kecewa dengan kondisi armada yang sudah jauh dari kata layak,” ujarnya.

Diakuinya peremajaan dengan pembelian armada baru sangat dibutuhkan. Pembahasan untuk pembelian armada baru sudah masih di rencana APBD 2025 mendatang.

Ia berharap anggaran untuk pembelian armada baru tersebut tidak mengalami perubahan. Sehingga di tahun 2025 mendatang, Batam bisa memiliki armada baru, yang akan menggantikan armada yang beroperasi saat ini yang dinilai sudah tidak layak jalan.

“Kebutuhan armada baru memang urgent lah. Sehingga bisa mengoptimalkan kinerja satgas sampah. Selain itu masyarakat juga merasa puas kalau armada sampah yang notabene untuk kebutuhan publik ini bisa diperbaharui,” tambah Andi.

Lanjutnya, meskipun hanya bertugas selama dua bulan, persoalan yang timbul, diupayakan untuk dicarikan solusi.

“Bertahap lah kami laksanakan ya. Karena ini sudah di akhir tahun. Jadi kalau tidak terkejar kami coba tahun depan,” ujarnya. (rul)