135 FKTP siap Layani Peserta JKN di Batam dan Karimun

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Batam, Harry Nurdiansyah. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Batam telah bekerja sama dengan 135 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di wilayah Batam dan Karimun. Seluruhnya siap untuk melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) hingga September 2024.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Batam, Harry Nurdiansyah mengatakan untuk di wilayah Batam terdapat 115 FKTP, yang terdiri dari 21 puskesmas, 87 klinik pratama, tiga klinik Polri, dan empat klinik TNI.

“Wilayah Karimun totalnya yang bekerja sama ada 20 FKTP, yaitu 13 puskesmas, tiga klinik pratama, satu klinik Polri, dua klinik TNI, dan satu rumah sakit tipe D pratama,” kata Harry, Kamis (17/10/2024)

Selain FKTP, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan tingkat lanjutan (FKTL) sebanyak 22 rumah sakit di Batam dan dua rumah sakit di Karimun.

Tidak hanya bekerja sama dengan FKTP dan FKTL, BJPS Kesehatan juga bekerja sama dengan 10 optik guna membantu peserta JKN mendapatkan layanan pembuatan kacamata.

Ia menyebutkan bantuan pembuatan kacamata itu mulai dari Rp120 ribu untuk peserta JKN kelas I, Rp200 ribu untuk peserta JKN kelas II, dan Rp300 ribu untuk peserta JKN kelas III.

“Jadi kalau peserta bisa dapat bantuan kaca mata. Jika dapat resep kacamata dari dokter spesialis mata, bisa ditebus ke optik yang bekerja sama dengan BPJS. Tapi ini sifatnya bantuan, jadi ada plafonnya. Kalau lebih dari bantuan yang disediakan, berarti peserta harus nambah sisanya,” katanya. (rul)