922.994 Surat Suara Sampai di Batam Pekan Depan

Ketua KPU Batam, Mawardi. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam akan menerima logistik surat suara untuk Pilkada Batam pada Jumat (25/10/2024) mendatang. Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Kota Batam, Mawardi.

“Berdasarkan informasi dari pihak penyedia dan pihak ekspedisi, surat suara akan mulai didistribusikan pada 20 oktober dan tiba di gudang logistik KPU Batam pada 25 Oktober,” ujarnya, Kamis (17/10/2024).

Diakuinya, total surat suara yang akan diterima KPU Batam sebanyak 922.994 lembar. Angka tersebut berdasarkan jumlah DPT Pilkada Batam ditambah 2,5 persen surat suara cadangan.

“Sesuai Surat Keputusn KPU Kota Batam Nomor 484 tentang Penetapan Jumlah Surat Suara yang Dicetak Pada Pilkada Batam 2024 berjumlah 922.994 lembar,” ujarnya.

Pihaknya sudah melalukan monitoring pada 15 Oktober lalu ke PT Percetakan Gramedia, Cikarang, untuk memastikan surat suara yang tercetak sesuai ketentuan.

“Surat suara sudah mulai dicetak kemarin. Setelah proses pencetakan selesai, surat suara akan langsung dikirim oleh pihak penyedia ke gudang KPU. Pengiriman logistik surat suara ke gudang KPU nanti akan mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian,” kata Mawardi.

Mawardi menambahkan, pihaknya telah menyelesaikan perakitan kotak suara untuk pilkada 2024 sebanyak 3.642 kotak suara..

“Kalau kemarin kotak suara itu kan tiba di gudang logistik dalam bentuk lembaran, saat ini sudah selesai dirakit semua,” katanya. (rul)