ATB Tawarkan Solusi Wujudkan Merdeka Akses Air Bersih

ATB Memberikan pendampingan kepada sejumlah BUMD Air Minum guna meningkatkan performa layanan air bersih di Indonesia. (Foto: ATB)

AlurNews.com – Perayaan HUT Kemerdekaan ke-77 RI yang masih belum selaras dengan kemerdekaan akses air bersih. Menurut pemaparan Wakil Presiden RI H. Ma’ruf Amin, capaian akses air minum aman baru sekitar 11 persen.

Kondisi ini menjadi perhatian serius PT Adhya Tirta Batam (ATB). Perusahaan yang telah membuktikan kinerja unggulnya selama 25 tahun di Batam, membuka diri untuk bekerjasama dengan pemerintah guna meningkatkan aksesibilitas air bersih bagi penduduk Indonesia.

“Batam telah merasakan keandalan kinerja ATB. Kini ATB melebarkan sayapnya, agar Indonesia turut merasakan peningkatan kualitas pelayanan air bersih terutama dalam hal aksesibilitas,” ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus.

Menurut catatan Indonesia Water Institute (IWI), sistem air perpipaan di Indonesia baru menjangkau 21,08 persen penduduk Indonesia. Artinya, hanya sekitar 2 dari 10 orang di Indonesia yang saat ini menggunakan air dari sistem perpipaan nasional.

Berdasarkan hasil kajian bertajuk Public Expenditure Review Spending for Better Result, Bank Dunia (World Bank) melaporkan, Indonesia masih tertinggal dengan negara lainnya yang berada di kawasan Asia Tenggara lain seperti Filipina, Vietnam, Thailand, dan Malaysia dalam menyediakan layanan penyediaan air minum dan sanitasi yang baik.

Laporan dari World Bank juga diperkuat oleh data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang mengungkapkan, fasilitas sarana air bersih dan sanitasi baik masih belum merata di Indonesia.

Di sisi lain, ATB telah berhasil mencetak sejumlah keunggulan selama beroperasi di Batam. Dengan cakupan area pelayanan 99,5 persen, ATB mampu menjaga kontinuitas suplai air bersih hingga 23,7 jam perhari dan menekan angka kebocoran hingga 14 persen.

Pencapaian gemilang tersebut tentunya dapat diraih dengan sejumlah strategi yang terbukti efektif dan efisien diterapkan di industri air bersih.

“Kami adalah praktisi yang telah membuktikan diri berhasil dengan strategi-strategi yang unggul,” ungkap Maria.

ATB berkomitmen memberikan solusi, kemitraan yang strategis dan layanan konsultasi yang profesional, hingga pendampingan teknis. Baik dalam aspek operasional, keuangan, pelayanan, dan sumber daya manusia.

ATB menawarkan solusi untuk melakukan penyesuaian dan perubahan yang dibutuhkan oleh PDAM. Melakukan pengukuran dan benchmarking kinerja sebelum dan sesudah sehingga pada hasil akhirnya dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pada kinerja operasi meliputi area Produksi, Distribusi, NRW, kinerja keuangan termasuk tentang penagihan dan pembiayaan dan kinerja pelayanan dan aspek kinerja sumber daya manusia.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program Capacity Building, Technical Assistance dan program kemitraan lainnya, dapat menghubungi Marketing Communication ATB di 08126106116 (Tatot), atau di 08117003272 (Donna). Anda juga dapat menghubungi ATB melalui email: corporate.secretary@atbbatam.com. (Sirait)