Disnaker Batam Bakal Buka Bursa Kerja Oktober Mendatang

Kantor Disnaker Kota Batam. (Foto: AlurNews.com)

AlurNews.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam bakal membuka bursa kerja pada Oktober 2022 atau paling lambat November 2022 mendatang.

Kepala Dinas ketenagakerjaan Kota Batam, Rudi Sakyakirti membenarkan rencana pembukaan bursa kerja yang rencananya menggandeng perusahaan di Batam.

“Insya Allah akan dilakukan,” ujarnya, Rabu (24/8/2022).

Rudi menyebutkan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan konsolidasi dengan perusahaan di Batam untuk rencana pembukaan bursa kerja pada Oktober mendatang.

“Untuk target tenaga kerja yang akan diserap masih dalam penghitungan, karena kami saat ini tengah turun ke perusahaan,” ujarnya.

Rudi menyebutkan bahwa untuk bursa kerja yang digelar bersama perusahaan di Batam tersebut menargetkan bisa menyerap banyak tenaga kerja.

“Harapan kami bisa menyerap banyak tenaga kerja,” ujarnya.

Disinggung mengenai banyak lulusan sekolah khususnya SMA yang belum memiliki keterampilan kerja khususnya dari luar daerah, Rudi menjawab, Balai Latihan Kerja (BLK) pusat yang ada di Batam baru bisa dioperasikan di tahun 2024 nanti sedangkan untuk mereka yang lulusan luar daerah harus mengasah dan mendapatkan sertifikat di daerah asal sebelum mencari pekerjaan di Kota Batam.

“Ya, saat ini memang belum beroperasi. Solusinya kita berikan pelatihan kerja, itu pun kita sediakan khusus bagi mereka yang punya KTP Batam. KTP luar, kalau mereka mau punya sertifikasi dan keahlian tentu mereka latih dulu di tempat daerah asalnya,” ujarnya.

Data Disnaker Batam, sejak Januari hingga Agustus 2022, jumlah pencari kerja yang terdata sudah mencapai 13.021 orang, jumlah pencari kerja itu terdata berdasarkan permohonan Kartu Kuning AK1, mulai dari lulusan pendidikan SD, SMP sampai dengan S2.

“Hingga pertengahan tahun ini pencaker baik yang ngurus di kecamatan maupun di kantor Disnaker totalnya 13.021 orang,” ujar Rudi. (Bob)