Gelombang Capai 3 Meter, Pengguna Transportasi Laut Diimbau Waspada

Gelombang tinggi. (Foto: Istimewa)

AlurNews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini akan ketinggian gelombang di perairan Provinsi Kepri.

Diprediksi, ketinggian gelombang tinggi akan terjadi di perairan Natuna dan Anambas sejak, Kamis (2/11/2022) pagi dan diprediksi mencapai 2-3 meter.

“Waspada potensi gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 3 meter di wilayah perairan Natuna dan 2 meter di wilayah perairan Anambas,” jelas Forecaster BMKG On Duty, Fitri Annisa, Rabu (2/11/2022)

Selain itu, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan kilat serta angin kencang di wilayah Batam dan Karimun diprediksi juga akan terjadi pada dini hari.

Untuk Kota Batam, diperkirakan hujan disertai kilat, petir, dan angin kencang akan diperkirakan akan terjadi hingga sore hari.

“Kondisi ini disebabkan oleh adanya kelembaban udara lapisan atas yang relatif tinggi. Sehingga mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Kepulauan Riau dan sekitarnya. Secara umum kondisi cuaca esok hari diperkirakan berawan dan berpotensi hujan pada pagi, siang, dan dini hari,” terangnya.

Walau demikian, tinggi gelombang di perairan Kota Batam masih dalam kategori rendah, dan diperkirakan hanya mencapai 0,5-1 meter.

“Tinggi gelombang di perairan Batam dipengaruhi turut dipengaruhi angin dengan kecepatan 2-7 km/jam dari arah Tenggara ke Barat Daya,” paparnya. (Sirait)