5 Rekomendasi Makanan untuk Penderita Hipertensi

rekomendasi makanan penderita hipertensi
Wortel merupakan salah satu rekomendasi makanan bagi penderita hipertensi. Foto: Pexels

AlurNews.com – Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah faktor risiko penyakit jantung yang dapat dicegah. Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi penderita hipertensi yang bisa dicoba.

Obat-obatan, termasuk angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor, biasanya digunakan untuk mengurangi tingkat tekanan darah. Namun, perubahan gaya hidup, termasuk modifikasi pola makan, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah ke kisaran optimal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengikuti diet bergizi dan menyehatkan jantung disarankan untuk semua orang dengan tekanan darah tinggi, termasuk mereka yang menggunakan obat penurun tekanan darah.

Baca juga: Batasi Konsumsi Gula, Resikonya Bahaya

Berikut 5 makanan terbaik untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi dilansir laman Healthline, Kamis (1/12/2022).

Buah jeruk

Buah jeruk, termasuk lemon memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat. Mereka sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Sebuah studi selama 5 bulan yang melibatkan 101 wanita Jepang menunjukkan bahwa asupan jus lemon setiap hari yang dikombinasikan dengan berjalan kaki secara signifikan berkorelasi dengan penurunan tekanan darah tinggi.

Bayam

Seperti bit, bayam tinggi nitrat. Bayam sarat dengan antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian pada 27 orang, mereka yang mengonsumsi 16,9 ons (500 mL) sup bayam nitrat tinggi setiap hari selama 7 hari mengalami penurunan tekanan darah tinggi.

Sup bayam juga mengurangi kekakuan arteri, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung

Wortel

Renyah, manis, dan bergizi, wortel adalah sayuran pokok dalam diet banyak orang. Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi, seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Meski wortel bisa dinikmati dimasak atau mentah, memakannya mentah mungkin lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian yang melibatkan 2.195 orang berusia 40–59 tahun menemukan bahwa asupan wortel mentah secara signifikan dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.

Brokoli

Brokoli dikenal dengan banyak efek menguntungkan bagi kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah. Misalnya, menambahkan sayuran silangan ini ke dalam makanan merupakan cara cerdas untuk menurunkan tekanan darah.

Brokoli sarat dengan antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh.

Sebuah studi yang menyertakan data dari 187.453 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 4 porsi brokoli atau lebih per minggu memiliki risiko tekanan darah tinggi yang lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi brokoli sebulan sekali atau kurang.

Buah beri

Buah beri telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk potensinya untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Buah beri adalah sumber antioksidan yang kaya, termasuk anthocyanin, yang merupakan pigmen yang memberi warna cerah pada buah beri.

Anthocyanin telah terbukti meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah dan mengurangi produksi molekul pembatas pembuluh darah, yang dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah.