Menelisik Karakteristik Pemimpin Ideal Sambut Tahun 2024

Pemilu 2024. (Foto: KPU)

AlurNews.com – Menyambut tahun politik jelang tahun 2024, Survia.id sebuah startup yang bergerak di bidang penelitian dan survei secara independen. menilai ada beberapa hal yang harus di evaluasi oleh Partai Politik (Parpol), yang turut serta dalam perhelatan pesta demokrasi ini.

Founder Survia.id, Syaiful menilai evaluasi yang dimaksud juga harus dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Sehingga Parpol dapat memenuhi keinginan masyarakat.

“Suara masyarakat tentunya akan berbeda-beda antar kawasan perkotaan/pedesaan di tiap region,” jelasnya, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga: Ini Daftar 24 Partai yang Lolos Pemilu 2024 Beserta Nomor Urutnya

Syaiful menambahkan, pandangan masyarakat saat ini meminta pemimpin yang ideal, di tingkat Kota hingga nasional, berdasarkan 1.000 responden in house yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, permasalahan ekonomi adalah masalah utama yang muncul saat masyarakat mengeluhkan permasalahan di area mereka saat ini.

Kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia, merupakan salah satu alasan mengapa isu ini muncul. Dilihat dari profil responden, baik dari region maupun dari kawasan tempat tinggal, responden memiliki pola permasalahan yang serupa dengan permasalahan umum yang muncul.

“Selain itu, penyediaan fasilitas yang baik, seperti jalan berlubang, penerangan jalan juga menjadi atensi isu masyarakat lainnya,” lanjutnya.

Kemudian dari total responden, sebanyak 50 persen menyatakan saat ini merasa puas dengan kinerja presiden selaku pimpinan negara.

Walapun begitu, masyarakat tetap berharap agar presiden melakukan koordinasi dan pengawasan dengan kinerja dari pegawai pemerintahannya supaya permasalahan utama yang dihadapi oleh masyarakat dapat segera teratasi.

“Angka kepuasan terhadap presiden mencapai 64% lebih tinggi dibadingkan angka kepuasan terhadap Gubernur 42%, maupun Wal Kota/Bupati mencapai 36%,” lanjutnya.

Dari sisi citra pemimpin ideal, sifat jujur, amanah, dan menepati janji merupakan dua citra dasar yang paling ideal dimiliki oleh seorang pemimpin.

Selain dua hal itu, seorang presiden wajib memiliki ketegasan, sedangkan untuk Gubernur dan Wali Kota/Bupati akan lebih baik jika memiliki citra berupa cerdas, baik, dan berwawasan luas.

Kemudian dari sisi citra, peran, dan kepuasan terhadap partai politik. Merakyat merupakan citra partai politik yang paling difavoritkan di semua region

“Namun terdapat citra favorit lainnya sebagai pelengkap, misalnya citra ‘nasionalis’ yang difavoritkan di region Jawa, dan citra ‘agamis’ yang difavoritkan di region Sumatera,” terangnya.

Berbicara mengenai peran partai politik, masyarakat mempersepsikan partai politik berpengaruh paling tinggi pada kemajuan di level nasional.

Namun, masyarakat menilai antara puas-tidak puas dengan kinerja partai politik saat ini.

“Sebagian besar dari mereka menilai bahwa partai politik belum menunjukan hasil kerja dan bersifat oligarki,” tegasnya. (Nando)