Kondisi Terkini Menko Marvest Luhut Panjaitan, Jubir: Membaik dan Tahap Pemulihan

Luhut Binsar Pandjaitan (KEMENKO MARVES)

AlurNews.com – Kabar terbaru mengenai kondisi kesehatan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan bahwa kondisinya terus membaik. Hingga saat ini, Luhut masih berada dalam tahap pemulihan.

Sejak Selasa (10/10), Luhut memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan dan pemeriksaan medis di Singapura. Sejak saat itu, sudah hampir sepekan berlalu, di mana Luhut belum dapat menjalani aktivitas seperti yang biasa dilakukannya.

Jodi Mahardi, Jubir Kemenko Marves yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, enggan memberikan rincian apakah Luhut masih dirawat di rumah sakit di Singapura atau sudah kembali ke Indonesia.

“Yang dapat dipastikan adalah bahwa kondisi Luhut terus membaik sesuai harapan, dan ia masih dalam tahap pemulihan,” kata dia dilansir kumparan, Selasa (17/10/2023).

Saat ini, tugas kenegaraan Luhut digantikan oleh Ad Interim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Erick Thohir, yang juga merupakan Menteri BUMN. Erick saat ini menemani Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ke Beijing, menghadiri Forum Bisnis Indonesia-RRT.

Sebelumnya, melalui akun Instagramnya, Luhut menjelaskan awal mula perasaannya yang menurun. Setelah menghadiri suatu acara beberapa hari sebelumnya, Luhut tiba-tiba merasa sangat lelah, berbeda dengan kelelahan biasa yang ia rasakan setelah bekerja. Dalam situasi tersebut, istri Luhut membawanya ke sebuah rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut.

Kondisi seperti itu membuat Luhut dilarang oleh tim dokter untuk melakukan aktivitas seperti biasa selama beberapa hari. Ia hanya bisa memeriksa berita dan kabar terkini seperti yang biasa dia lakukan setiap pagi. Dalam salah satu postingannya, Luhut menirukan permintaan istrinya, “Istirahat dan dengarkan tubuhmu dahulu, Pa.”

Kemudian, pada Selasa (10/10) sore, setelah mendapat tawaran dari Senior Minister Singapura, Teo Chee Hean, dan Menlu Singapura Dr. Vivian Balakhrisnan, Luhut memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura. Di sana, ia juga akan melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif terkait dengan kesehatannya.

Luhut mengungkapkan rasa syukur atas dukungan, perhatian, dan doa yang ia terima dari berbagai pihak, termasuk saat dirinya sedang menghadapi sakit. (red)