Liga Europa: Beda Hasil Tiga Wakil Inggris, Liverpool Kalah

Liga Europa. (Foto: UEFA)

AlurNews.com – Tiga wakil Inggris yang berlaga di Liga Europa meraih hasil berbeda pada Jumat (10/11/2023) dini hari WIB. Liverpool tumbang, sedangkan West Ham United dan Brighton menang.

The Reds mengalami kekalahan 3-2 dari Toulouse kala bertandang ke Prancis. Kekalahan mengejutkan terjadi melalui gol-gol Aron Donnum, Thijs Dallinga, dan Frank Magri, membuat Liverpool menelan kekalahan pertama mereka di Liga Europa musim ini.

Namun, pertandingan berakhir dengan kontroversi ketika VAR membatalkan gol penyama kedudukan Jarell Quansah di masa tambahan.

“Kami pantas kalah karena mereka memenangkan banyak bola,” kata Jurgen Klopp, manajer Liverpool, ketika timnya gagal melangkah ke babak sistem gugur lebih awal, seperti dilansir AFP.

Toulouse saat ini mengumpulkan tujuh poin, tertinggal dua poin dari klub Liga Utama Inggris (EPL) dan unggul tiga poin dari tim peringkat ketiga St Gilloise di Grup E.

Pada menit ke-36, Donnum merebut bola dari Kostas Tsimikas sebelum melepaskan tembakan yang terdefleksi, membawa Toulouse unggul sebelum turun minum.

Gol kedua Toulouse datang pada menit ke-58 saat Dallinga mengalahkan kiper Liverpool, Caoimhin Kelleher.

Gol bunuh diri Cristian Casseres pada menit ke-73 memberikan harapan bagi Liverpool, namun tuan rumah, didukung oleh sorak sorai pendukungnya, segera merespons.

Tiga menit berselang, Kelleher tak mampu menepis umpan silang, dan Magri berada di posisi yang tepat untuk merestorasi keunggulan dua gol Toulouse.

Diogo Jota, yang menggantikan Diaz, mencetak gol kedua Liverpool pada menit ke-89.

Tuan rumah berhasil mempertahankan tiga poin, namun gol penyama Quansah di menit ketujuh masa tambahan waktu dibatalkan setelah tayangan video menunjukkan bola membentur tangan terlebih dahulu dalam pergerakan menuju gawang.

Sebagai juara Europa Conference League musim lalu, West Ham mengalahkan Olympiakos melalui gol tunggal Lucas Paqueta pada menit ke-73, menjadikan mereka pemimpin Grup A dengan sembilan poin dan memastikan tempat mereka di Liga Europa atau Liga Konferensi Europa di tahun baru.

Di Grup B, Brighton berpeluang melangkah ke babak sistem gugur setelah menang 2-0 atas Ajax di kandang sendiri. Gol dari Ansu Fati dan Simon Adigra di setiap babak memberi The Seagulls kemenangan di Amsterdam.

Klub EPL ini kini mengoleksi tujuh poin, unggul tiga poin dari peringkat ketiga AEK Athens.

Berikut hasil lengkap Liga Eropa, Jumat (10/11/2023) dini hari:

Grup A

Freiburg 5 – 0 TSC Backa Topola
West Ham United 1 – 0 Olympiakos

Grup B

Ajax Amsterdam 0 – 2 Brighton
AEK Athens 0 – 2 Marseille

Grup C

Real Betis 4 – 1 Aris Limassol
Rangers 2 – 1 Sparta Prague

Grup D

Atalanta 1 – 0 Sturm Graz
Sporting Lisbon 2 – 1 Rakow Czestochowa

Grup E

LASK 3 – 0 Union Saint-Gilloise
Toulouse 3 – 2 Liverpool

Grup F

Rennes 3 – 1 Panathinaikos
Maccabi Haifa 1 – 2 Villarreal

Grup G

Servette 2 – 1 Sheriff Tiraspol
Slavia Prague 2 – 0 Roma

Grup H

Qarabag 0 – 1 Bayer Leverkusen
Haecken 1 – 3 Molde

(red)