Realisasi Penerimaan Zakat di Kepri Rp 7,1 Miliar

Kepala Baznas Provinsi Kepri, Arusman Yusuf. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Realisasi penerimaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di wilayah setempat Rp7,1 miliar, dari target sebesar Rp13 miliar pada 2024. Demikian hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Arusman Yusuf.

“Dari Rp7,1 miliar yang terkumpul, sekitar 80 persen, hampir semua dari zakat profesi, perusahaan, bank juga,” kata Arusman, Sabtu (6/7/2024).

Baznas Kepri sudah menyalurkan ZIS sekitar Rp3 miliar kepada mustahik atau orang-orang yang berhak menerima zakat yang ada di Kepri.

“Sudah didistribusikan melalui program beasiswa, kesehatan, Kepri Peduli, bantuan bencana dan guru ngaji,” kata Arusman.

Adapun upaya yang dilakukan untuk mencapai target ZIS pada tahun ini, yaitu dengan menyiapkan konter-konter pelayanan pembayaran zakat di pusat keramaian, seperti mal, pelabuhan, dan bandara.

Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan umat Muslim untuk menunaikan kewajiban zakat.

Ia juga mengimbau masyarakat agar dapat membayar zakat melalui lembaga amil zakat resmi. Sehingga penyalurannya benar-benar tepat sasaran.

Sebelumnya, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyampaikan realisasi pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) serta dana sosial keagamaan lainnya (DSKL) di tahun 2023 mencapai Rp9,3 miliar.

Kepala Baznas Kepri Arusman Yusuf mengatakan capaian itu menunjukkan pertumbuhan sebesar 113 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berjumlah Rp4,3 miliar.

“Kontribusi terbesar datang dari dana zakat maal perorangan yang menyumbang sekitar 90 persen atau Rp8,4 miliar dari total dana ZIS yang terkumpul tahun 2023,” kata Arusman. (roma)