Resmi Ambil Alih Pelabuhan Batam Center, BP Batam Pastikan Operasional Lancar

Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar memantau pengambilalihan Pelabuhan Feri Internasional Batam Centre dari PT Synergi Tharada, Kamis (1/8/2024) malam. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Badan Pengusahaan (BP) Batam telah resmi mengambil alih pengelolaan Pelabuhan Internasional Batam Center dari PT Synergy Tharada. Pengambilalihan ini menyusul berakhirnya masa kontrak pengelolaan pada tanggal 1 Agustus 2024.

Selanjutnya, Pelabuhan Internasional Batam Center kini akan dioperasikan oleh PT Metro Nusantara Bahari sebagai pengelola baru.

Kepala Biro Humas, Promosi, Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait, menjelaskan bahwa pengalihan pengelolaan ini merupakan bagian dari upaya BP Batam untuk meningkatkan pelayanan di Pelabuhan Batam Center.

“Dengan pengelolaan langsung oleh BP Batam, diharapkan pelayanan kepada masyarakat dan pengguna jasa pelabuhan dapat lebih optimal,” ujar Ariastuty, Jumat (2/7/2024) dinihari ditemui di kawasan Pelabuhan.

Baca juga: Pelabuhan Internasional Batam Center Diambil Alih, PT Synergy Tharada Undur Diri

Pada kesempatan ini, pihaknya turut mengaku belum mendapat pemberitahuan mengenai penundaan eksekusi. Saat ditanyakan mengenai surat dari Kemenkopolhukam.

Hal senada turut dilontarkannya, saat ditanyakan mengenai proses hukum dari gugatan PT Synergy Tharada yang telah dilayangkan ke Pengadilan Negeri (PN) Batam, dan PTUN Jakarta.

“Kalau surat dari Menkopolhukam, sampai saat ini kami belum menerima surat tersebut ya. Sehingga kami belum melakukan apapun respon terhadap surat tersebut. Terkait gugatan enggak apa-apa itu, kalau gugatan masalah biasa dalam proses hukum, kita hormati itu,” sebutnya.

Terpisah, Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar, memastikan bahwa pengalihan pengelolaan tidak akan mengganggu operasional pelabuhan.

Terkait dengan izin keselamatan pelayaran dan keamanan yang sebelumnya dimiliki oleh PT Synergy Tharada. Dendi menjelaskan bahwa BP Batam akan melakukan evaluasi dan memastikan semua persyaratan keselamatan terpenuhi.

“Kami akan bekerja sama dengan pengelola baru untuk memastikan semua standar keselamatan terpenuhi,” ujarnya. (Nando)