Anggota DPRD Fraksi Gerindra Soroti Masalah Sampah Menumpuk di Karimun

Tumpukan sampah di salah satu jalan di Karimun. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau fraksi Partai Gerindra, Darmendra menyoroti permasalahan sampah menumpuk di sejumlah titik TPS yang ada di Karimun.

Dari informasi yang diterima, tumpukan sampah yang terjadi akhir-akhir ini dikarenakan rusaknya beberapa alat berat pengangkut sampah yang berimbas pada penumpukan.

Bahkan sampah-sampah yang telah menggunung itu mengeluarkan aroma busuk yang menganggu masyarakat ataupun pengendara yang melintas.

“Pemerintah daerah ataupun dinas terkait harus sigap menanggapi permasalahan sampah ini, kalau terus dibiarkan justru dapat menimbulkan masalah baru bahkan penyakit,” ungkap pria yang akrab disapa Bang Amen ini, Jumat (27/9/2024).

Ia juga menilai tumpukan sampah yang tidak teratasi tersebut justru melunturkan citra pemerintah daerah terhadap perolehan Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Perlu diketahui, Piala Adipura sendiri merupakan penghargaan bergengsi bagi Kabupaten maupun Kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan.

Untuk itu, kata Darmendra, pemerintah daerah kedepan dapat lebih fokus menganggarkan pengelolaan sampah, terkhusus pada peremajaan peralatan pendukung.

“Permasalahan sampah ini tidak boleh dianggap enteng, pemerintah harus fokus mengenai pengelolaannya. Seperti dari alat angkutan hingga proses daur ulang di TPA Sememal,” ujarnya. (Andre)