150 Guru TPQ di Batam Ikut Pelatihan untuk Tingkatkan Pengetahuan

Sekda Batam Jefridin menyalami anggota BMGQ dalam pembukaan pelatihan untuk 150 guru TPQ di Batam. Foto: Diskominfo Batam

AlurNews.com – Sebanyak 150 guru Taman Pendidikan Quran (TPQ) di Batam ikuti pelatihan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin menyampaikan harapan besarnya dari kegiatan yang digelar untuk guru TPQ tersebut.

Ia mengatakan anak-anak di Batam harus bisa baca dan paham Al-Quran. Sebab, visi Kota Batam adalah terwujudunya Batam sebagai bandar dunia madani yang modern dan sejahtera.

“Pelatihan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan inovasi dalam transfer ilmu kepada santrinya,” ujarnya, dikutip dari laman resmi Pemko Batam, Sabtu(28/9/2024).

Jefridin dalam kesempatan itu juga mengapresiasi guru TPQ yang sudah membantu pemerintah mengajar anak-anak sehingga bisa membaca Al-Quran.

“Inilah alasan pemerintah memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas Bapak/Ibu semua,” kata dia.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemko) Batam juga memberikan apresiasi dalam bentuk insentif. Total ada 6.400 orang yang mendapat insentif dari Pemko Batam.

Jefridin juga mengajak para guru TPQ yang tergabung dalam Badan Musyawarah Guru Al Quran (BMGQ) agar menjaga kekompakan dan makin solid. Ia berharap ilmu yang didapat bisa diaplikasikan dalam mendidik para santri.

Ketua Umum BMGQ Kota Batam, Deden Sirajudin mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat dalam rangka meningkatkan inovasi dan pengetahuan dalam rangka memberikan pendidikan kepada santri.

“Selain pelatihan juga memberikan insentif. Dari awal insentif Rp150 ribu naik kini menjadi Rp1 juta tiap bulan yang kami terima per tiga bulan,” kata dia. (red)