Sah Jadi WNI, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Siap Bela Timnas

Dua pemain keturunan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders resmi menjadi Warga Negara Indonesia usai menjalani pengambilan sumpah menjadi WNI di Belgia, Senin (30/9). (Foto: PSSI)

AlurNews.com – Dua pemain keturunan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders resmi menjadi Warga Negara Indonesia usai menjalani pengambilan sumpah menjadi WNI di Belgia, Senin (30/9).

Proses pengambilan sumpah Eliano dan Hilgers menjadi WNI telah dilakukan di Kedubes RI Brussel Belgia pada Senin (30/9). Proses Eliano dan Hilgers menjadi WNI terbilang cepat.

Eliano dan Hilgers awalnya datang ke Indonesia pada 5 September 2024 untuk mengurus dokumen perpindahan kewarganegaraan atau naturalisasi menjadi WNI. Saat berada di Jakarta, keduanya pun sempat mengikuti latihan bersama Timnas Indonesia pada 7 September.

Setelah itu Eliano dan Hilgers kembali ke Belanda pada 8 September untuk menunggu proses selanjutnya. Pada 11 September, berkas permohonan naturalisasi Eliano dan Hilgers ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo dan langsung diserahkan kepada DPR untuk dibahas dalam Rapat Kerja Komisi III dan Komisi X bersama Kemenpora.

Pada 17 September, Komisi III dan Komisi X DPR menyetujui proses naturalisasi Eliano dan Hilgers dilanjutkan disahkan dalam Rapat Paripurna DPR pada 19 September 2024.

Eliano dan Hilgers awalnya dijadwalkan melakukan pengambilan sumpah menjadi WNI pada 23 September, namun diundur menjadi Senin (30/9) di Kedubes RI di Den Haag, Belanda.

Setelah diambil sumpah kewarganegaraan, Eliano dan Hilgers akan melakukan proses perpindahan federasi dari KNVB Belanda menjadi PSSI. Jika semua ini sudah dilalui maka Eliano dan Hilgers bisa membela Timnas Indonesia.

Terdekat, Eliano dan Hilgers diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia melawan Bahrain dan China pada pertandingan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 10 da 15 Oktober mendatang. (ib)