Bukan Sekadar Janji, Cen Sui Lan Tunaikan Program Pamsimas untuk 12 Desa di Natuna

Cen Sui Lan mengalokasikan anggaran Rp4,8 miliar saat menjabat anggota DPR RI untuk membangun Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun 2024 di Natuna. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Calon Bupati Natuna nomor urut 1, Cen Sui Lan terus menunjukkan kepedulian kepada masyarakat kabupaten Natuna dengan membangun dari berbagai aspek sosial.

Melalui dana aspirasinya saat menjabat anggota komisi V DPR-RI, Cen Sui Lan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 4,8 miliar melalui untuk membangun Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) pada tahun 2024 di Natuna.

Pamsimas adalah program nasional yang bertujuan untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi bagi masyarakat, khususnya di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Program ini melibatkan masyarakat secara aktif dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan, hingga pengelolaan.

Tanjung Kumbik Utara di Kecamatan Pulau Tiga Barat (Pultibar), merupakan salah satu desa penerima manfaat program tersebut pada tahun ini.

Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Cipta Harmoni Tanjung Kumbik Utara, Muhammad Nasir, mengaku bersyukur dan sangat berterimakasih atas terealisasinya pembangunan Pamsimas di kampungnya.

Terealisasinya pembangunan ini tidak lepas dari peran penting dan kegigihan Cen Sui Lan memperjuangkan kepentingan masyarakat saat dirinya masih menjabat anggota DPR-RI.

Nasir tidak menampik bahwa politisi dari Partai Golkar tersebut adalah seorang sosok yang selalu intens memperhatikan masyarakat Natuna, salah satu wujud kepeduliannya yakni melalui program Pamsimas.

Ia menceritakan, air bersih merupakan permasalahan utama yang selalu dihadapi masyarakat Tanjung Kumbik Utara sejak puluhan tahun lalu, terlebih lagi pada saat musim kemarau.

“Kami yang tinggal di pulau kecil ini selalu menghadapi permasalah air bersih, terutama pada saat musim panas. Makanya kami berterimakasih sekali dengan adanya bantuan Pamsimas dari bu Cen Sui Lan,” kata Nasir, Rabu, 02 Oktober 2024.

Menurutnya, dengan adanya pembangunan Pamsimas tersebut, akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa karena ketersediaan air bersih lebih terjamin.

Selain itu, keberadaan Pamsimas dapat meningkatkan akses sanitasi yang layak bagi masyarakat pedesaan.

“Ini kabar baik bagi masyarakat. Kalau pembangunannya sudah rampung insyallah kami tidak akan kesusahan air bersih lagi kedepannya,” tuturnya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Raja Aswan, warga di RT 02 RW 01. Menurutnya, Cen Sui Lan adalah calon Bupati Natuna yang mengerti akan kebutuhan masyarakat.

Dikatakannya, dengan dibangunnya Pamsimas itu, manfaatnya akan segera dirasakan masyarakat. Memberikan harapan baru akan ketersediaan air bersih yang lebih baik layak.

“Dulu kalau musim kemarau tiba, kami disini harus bersusah payah mendapat air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya.

Selain Tanjung Kumbik Utara, ada 11 desa lainnya yang akan menerima program Pamsimas di tahun 2024, diantaranya, Setumuk, Gunung Jambat, Subi Besar, Batu Berian, Kelarik Air Mali, Mekar Jaya, Meliah Selatan, Arung Ayam, Air Nusa, Tanjung Balau, dan Kelurahan Sabang Barat.

“Total keseluruhan ada 12 desa di Natuna sebagai penerima manfaat program Pamsimas pada tahun ini,” kata Cen Sui Lan.

Untuk pembangunannya melalui Kementerian PUPR, masing-masing desa mendapat alokasi anggaran sebesar Rp400 juta.

Cen Sui Lan menegaskan, bahwa akses terhadap air bersih dan sanitasi yang memadai merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh pemerintah.

Oleh karena itu, ia terus mendorong agar program Pamsimas dapat segera direalisasikan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Natuna.

“Natuna adalah wilayah yang memiliki tantangan geografis tersendiri. Akses air bersih masih menjadi masalah di beberapa desa, dan program Pamsimas ini diharapkan dapat memberikan solusi jangka panjang,” ujar Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan menuturkan, proyek Pamsimas yang akan dilaksanakan di Natuna melibatkan partisipasi aktif masyarakat setempat, dengan harapan tidak hanya memberikan manfaat berupa penyediaan air bersih, tetapi juga meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya sanitasi yang baik.

“Saya harap pembangunan ini dapat membuka lapangan kerja sementara bagi masyarakat sekitar selama proses pengerjaannya,” ungkapnya.

Selain memperjuangkan Pamsimas, Cen Sui Lan juga melakukan peningkatan infrastruktur lain di Natuna, termasuk perbaikan jalan pembangunan jembatan, dan pelabuhan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah.

“Natuna memiliki potensi yang besar, baik dari segi ekonomi maupun pariwisata, namun semua itu harus didukung oleh infrastruktur yang memadai. Pamsimas adalah salah satu langkah awal yang penting,” tambahnya.

Cen Sui Lan berharap, dengan adanya program Pamsimas ini, kualitas hidup masyarakat Natuna akan meningkat, khususnya dalam hal akses air bersih dan sanitasi, yang merupakan pondasi penting untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk diketahui, Cen Sui Lan (Aisyah) merupakan Srikandi tangguh yang tidak banyak mengumbar janji. Iya selalu berkomitmen untuk membantu masyarakat Natuna, baik dari segi pembangunan maupun bidang sosial.

Terbukti jauh sebelum dirinya mencalonkan diri menjadi Bupati Natuna, berpasangan dengan Jarmin Sidik yang notabenenya asli putra daerah, dirinya sudah berbuat banyak dan sudah terbukti.

Baginya Natuna merupakan daerah pesisir yang butuh pemimpin tangguh dan punya relasi banyak di pusat, sehingga Natuna bisa cepat berkembang baik pembangunan maupun ekonominya. (Fadli)