Ketua IKAPTK Batam Ingatkan ASN Netral dalam Pilkada

Foto ASN yang dilaporkan kepdaa Bawaslu atas dugaan tidak netral. Foto: Istimewa

AlurNews.com – Ketua Dewan Pengurus Kota (DPK) Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Batam, Herman Rozie mengingatkan ASN agar menjaga diri dan netralitas.

Menyusul beredarnya foto oknum Lurah dan Camat, yang berfoto dengan menunjukkan simbol dengan calon Wakil Wali Kota Batam nomor urut dua.

Herman Rozie mengatakan dalam foto yang beredar beberapa dari oknum tersebut merupakan alumni STPDN. Walau demikian, dirinya mengaku belum menerima detail mengenai kegiatan.

“Saya belum bisa berbicara banyak karena juga masih di luar kota. Saya tahu informasi adanya foto ini juga dari media,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (5/10/2024) sore.

Pihaknya juga mengaku sangat menyayangkan terkait bukti yang beredar ke masyarakat. Walau demikian Herman juga turut mengaku tengah menunggu hasil penyelidikan yang tengah dilakukan Bawaslu.

“Kami tentu menyayangkan sebenarnya, kenapa harus beredar foto ini, dan sekarang sudah jadi konsumsi publik. Saya dengar juga sudah dilaporkan kepada Bawaslu. Ya, kita tunggu lah apa hasil yang menjadi temuan terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN ini,” terangnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam kembali menerima laporan dugaan ketidaknetralan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Batam. Pelapor yang diketahui barisan relawan salah satu paslon, melampirkan bukti berupa foto oknum Lurah dan Camat di Kecamatan Batuampar.

Dalam foto yang dimaksud, diketahui para oknum Lurah dan Camat berfoto dengan calon Wakil Wali Kota Batam, Li Claudia Chandra dengan latar belakang dan menunjukkan simbol paslon nomor urut dua. Foto ini dilaporkan diambil saat penetapan nomor urut di KPU Batam.

“Laporan masuk jam 16.00 WIB tadi. Sekarang masuk masa kajian materi untuk pemeriksaan lebih lanjut dari bukti terlampir,” ujar Ketua Bawaslu Kota Batam, Antonius Itoloha melalui sambungan telepon, Sabtu (5/10/2024). (Nando)