Tangani Banjir di Sejumlah Ruas Jalan Protokol, Andi Agung Ajak Goro

Pjs Wali Kota Batam Andi Agung meninjau sejumlah ruas jalan yang direndam banjir. Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com – Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Andi Agung mengajak seluruh OPD Pemko Batam dan Forkompinda Batam, untuk melaksanakan gotong royong (goro) sebagai solusi jangka pendek mengatasi banjir di sejumlah titik jalan protokol akibat hujan deras, Senin (14/10/2024) pagi.

Andi menuturkan hal ini diperlukan, setelah melihat langsung beberapa kondisi jalan arus utama yang terendam air, hingga menimbulkan kemacetan dan kerusakan bagi kendaraan yang melintas.

“Tadi saya lihat di simpang Mahkota Raya itu paling parah sepertinya, sampai terbenam mobil,” ujar Andi Agung di kawasan Batam Center, Senin (14/10/2024) sore.

Tidak hanya beberapa titik jalan protokol, Andi Agung juga mengomentari genangan air yang terjadi tepat di depan kantor Wali Kota Batam.

“Untuk itu perlu goro bersama OPD dan Forkompinda. Tidak usah jauh-jauh, di depan kantor Pemko juga tinggi tadi airnya,” jelasnya.

Ditanya mengenai berapa total titik banjir saat ini, Andi menyebut belum menerima laporan dari dinas terkait. Hingga saat ini titik banjir yang diketahuinya hanya berada di simpang Kepri Mall, simpang Mahkota Raya, dan beberapa wilayah pemukiman.

Andi juga menambahkan, rencana gotong-royong di sejumlah ruas jalan utama ini, kemudian akan dilanjutkan ke wilayah pemukiman dengan melibatkan masyarakat dan seluruh pengurus RT/RW hingga Kelurahan.

“Ini untuk jangka pendek, kalau ditanya mengenai jangka panjang. Nanti kita sama-sama melihat kebijakan dari wali kota terpilih saja,” ungkapnya. (Nando)