4 Tim Uniba Raih Penghargaan Penelitian dan Inovasi Internasional di JIIICaS 2024

Universitas Batam (Uniba) mengikuti kegiatan Johor International Innovation, Invention Competition and Symposium 2024 (JIIICaS 2024). (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Universitas Batam (Uniba) mengikuti kegiatan Johor International Innovation, Invention Competition and Symposium 2024 (JIIICaS 2024).

Dalam kegiatan ini, Uniba mengikuti empat kegiatan. Di antaranya key note speaker, penjurian, perlombaan penelitian dan inovasi dan Memorandum of Agreement (MoA).

“Ini tahun pertama kita mengikutkan mahasiswa lomba skala Internasional. Berlangsung dari Maret dan 13 Oktober 2024 penutupannya. Mahasiswa kita ikut secara online. Uniba terlibat juga penjurian secara Offline pada 13 Oktober 2024. Peserta mempresentasikan penelitian mereka dan memperagakannya. Itulah yang dinilai oleh dewan juri,” Divisi Forum Ilmiah LPPM dan Ketua Program Studi S1 Teknik Sipil, Herlina Suciati, Selasa (15/10/2024).

Berikut daftar mahasiswa yang meraih penghargaan dalam Johor International Innovation, Invention Competition and Symposium 2024 (JIIICaS 2024) secara Online.

Pertama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis mendapat penghargaan Gold. Untuk judul Projek : Exploring The Potential of UMKM with Ebillar Ikan Bilis Products.

Adapun anggota tim, di antaranya Liyana Khairunnisa Fawwaz, Dwi Kartika Sari, Chykita Haro Aritonang, ⁠Liana Putri Aulia Maharani. Pembimbingnya, Kemestia Eva.

Kedua, Teknik Elektro mendapat penghargaan Silver. Untuk judul projek, Rice Field Irrigation Pump with Solar Panels and IOT System.

Adapun anggota tim, Muhammad Alif Farhan, Ismail, Natasya Geraldine Gazali, Abdee Nugroho. Pembimbingnya, Nurhatisyah dan Gunawan Toto Hadiyanto.

Ketiga Teknik Sipil mendapat penghargaan Silver. Untuk judul projek, The Utilization of Bottom Ash Coal Waste as Fine Aggregate Admixture in Concrete Production

Adapun anggota tim, M. Ridwan Okta Vianto, ⁠Nur Rizki Pratama, Zakil Akli Azis. Dan Pembimbing, Fauzan dan Herlina Suciati.

Keempat Teknik Mesin mendapat penghargaan Bronze. Untuk judul projek, Energy Efficiency in Solar Powered Rice Field Irrigation Pump Systems and IOT System.

Adapun anggota tim, Ismail, Natasya Geraldine Gazali, ⁠Abdee Nugroho. Pembimbingnya, Rapiansyah Putra dan Ayu Pratiwi.

Tak hanya itu, beberapa dosen Uniba juga terlibat sebagai dewan juri secara Offline. Pelaksanaan Seminar dan Penjurian tim juri Universitas Batam dilakukan di Universiti Teknologi MARA (UiTM) Cawangan Johor Malaysia.

Juri yang berasal dari Uniba sebanyak 10 Dosen dan dilakulan secara offline pada 13 Oktober 2024.Adapun dosennya di antaranya :

  1. Prof Chablullah Wibisono (Keynote Speaker dan Wakil Rektor I UNIBA)
  2. Gita Indrawan (Wakil Rektor III UNIBA)
  3. Yuanita FD. Sidabutar (Wakil Kepala LPPM & Kaprodi MPW)
  4. Nurhatisyah (Kepala LPM UNIBA)
  5. Nolla Puspita Dewi (Ketua Program Studi S3 MSDM dan S1 Akuntansi)
  6. Ngaliman (Ketua Program Studi S1
    Manajemen)
  7. Bambang Satriawan (Ketua Program Studi S2
    Manajemen dan Akuntansi)
  8. John Friadi (Dosen S1 Sistem Informasi)
  9. Widyanti Diah Lestari (Divisi HaKI LPPM dan Sekretaris S3 MSDM)
  10. Herlina Suciati (Divisi Forum Ilmiah LPPM dan Ketua Program Studi S1 Teknik Sipil)

Di tempat yang sama, Wakil Rektor III Uniba, Gita Indrawan mengatakan, baru kali pertama ikut dalam kegiatan ini Uniba berhasil bersaing dan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Kemampuan mahasiswa Uniba diakui untuk skala regional dan internasional.

Pesertanya, kata dia, berasal dari berbagai kampus di Malaysia dan Brunai. Prestasi ini mampu meningkatkan kepercayaan diri untuk bersaing.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada yayasan yang telah mendukung kegiatan ini, sehjngga mahasiswa bisa mengukir prestasi. Untuk juri juga merupakan dosen yang memumpuni di bidangnya. Kehadiran dewan juri dari Uniba ini membantu kesuksesan acara tersebut. Ada empat tim yang mendapatkan prestasi,” katanya.

Peserta mendapatkan perunggu, silver dan gold. Ke depannya Uniba bisa mengirimkan lagi. Uniba memiliki visi dalam mengikuti kompteisi nasional dan internasional menjadi kampus unggul

“Event ini merupakan event bergengsi yang dilakukan kampus negeri di Malaysia. Ajang ini juga memiliki kompeteisi untuk sekolah menengah atas dan kampus. Itu melibatkan 533 peserta dengan berbagai kategori,” katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala LPPM & Kaprodi Yuanita FD. Sidabutar menuturkan, kegiatan Johor International Innovation, Invention Competition and Symposium 2024 (JIIICaS 2024) adalah kegiatan bergengsi. Ini adalah sebuah bukti bahwa anak Uniba bisa bersaing.

“Menunjukkan anak Uniba tidak kalah dengan anak luar, asal ada kesempatan dan kompetisi. Bersaing di kancah global. Ini adalah prestasi membanggakan. Mudah mudah ini bisa berlanjut,” katanya. (rul)