KPU Siapkan Surat Suara Braille untuk Pemilih Tunanetra Pada Pilkada 2024

tps khusus di batam
Ketua KPU Batam Mawardi. Foto: AlurNews.com

AlurNews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam menyiapkan surat suara braille untuk memudahkan pemilih tunanetra pada saat menggunakan hak pilihnya di Pilkada 2024.

Ketua KPU Kota Batam Mawardi mengatakan adapun sebanyak 273 orang pemilih penyandang disabilitas tunanetra dan tunarungu.

Pihaknya memastikan penyandang disabilitas turut mendapatkan perhatian khusus dalam pesta demokrasi ini.

“Dari DPT 899.666 orang, tercatat 1.324 di antaranya adalah pemilih disabilitas yang tersebar di berbagai kecamatan di Batam,” ujar Mawardi.

Ia mengatakan dari jumlah tersebut terbagi beberapa kategori, yaitu disabilitas intelektual sebanyak 97 orang, disabilitas fisik 562 orang, disabilitas mental sebanyak 181 orang, disabilitas wicara 211 orang, serta disabilitas tunanetra dan tunarungu sebanyak 273 orang.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk penyelenggara di TPS, untuk menyediakan fasilitas ramah disabilitas,” ujar Mawardi.

Ia menyebut pengadaan alat bantu untuk penyandang disabilitas tidak tersedia di semua TPS, tetapi disesuaikan dengan TPS yang melayani pemilih penyandang disabilitas.

“Pengadaan itu tidak semua TPS, tapi kan kita punya data pemilih mana aja yang ada penyandang disabilitas,” ujar dia.

Dalam pemilihan nanti, KPU juga akan menyediakan pendampingan bagi mereka yang membutuhkan.

Mawardi menyampaikan dengan telah dilakukan pendataan terhadap penyandang disabilitas sebagai bentuk komitmen KPU untuk menjamin inklusivitas dalam demokrasi.

Ia juga mengimbau semua warga, termasuk penyandang disabilitas yang memiliki hak pilih untuk dapat menggunakannya dalam menentukan masa depan daerah.

“Dengan langkah ini, diharapkan tidak ada satu pun suara yang terabaikan, dan Pilkada 2024 menjadi ajang partisipasi yang merata bagi seluruh warga Batam,” kata Mawardi. (rul)