Kapal Asing Pencuri Ikan di Natuna Sempat Kabur, Bakamla Beri Tembakan Peringatan

Kapal ikan asal vietnam yang diamankan aparat Bakamla RI di perairan Natuna.(alurnews.com/foto ist)

NATUNA, Alurnews.com – Bakamla RI menghentikan kegiatan kapal Vietnam yang menangkap ikan di perairan Natuna Kepulauan Riau, pada Jumat tengah malam.

Direktur Operasi Laut Bakamla Laksma Suwito menyatakan pihaknya menduga kapal ikan asing (KIA) baru akan memulai aksi menangkap ikan di perairan Indonesia.

Ia menjelaskan, KN Pulau Dana-323 mendeteksi satu kapal dalam kontak radar dalam garis batas landas kontinen dengan kecepatan 1,5 knot pada Jumat sekitar pukul 23.00 WIB.

Komandan KN Pulau Dana-323 Letkol Bakamla Hananto Widhi memerintahkan mendekati kontak demi memastikan aktivitas kapal tersebut.

Namun saat didekati, kapal tersebut malah mematikan lampu kapal dan berusaha kabur dengan menambah kecepatan hingga 7 knot. Selanjutnya, Komandan KN Pulau Dana-323 memerintahkan Tim Visit Board, Search, and Seizure (VBSS) untuk mendekat dengan menggunakan RHIB.

“Kapal target tidak kooperatif dan berusaha kabur,” katanya menjelaskan.

Pengejaran dilakukan, dan tembakan peringatan dilepaskan ke udara. Namun kapal masih juga melaju hingga pihaknya melepaskan tembakan peringatan kedua ke bagian haluan yang terlihat oleh nakhoda.

Baru kemudian kapal melambat. Tiga personel tim VBSS berhasil naik ke kapal dan akhirnya armada itu dapat dihentikan.