Seluruh Korban KM Wicly Ditemukan, Ketua Basarnas Ucapkan Terima Kasih Semua Pihak

Korban KM Wicly terus dilakukan. Tiga korban selamat dievakuasi. (alurnews.com/ist)

JAMBI, ALURNEWS.COM – Seluruh korban KM Wicly Jaya Sakti berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan.

KM Wicly dihantam ombak hingga pecah dan tenggelam di perairan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, pada Sabtu, 22 Mei 2021.

Kapal tersebut bermuatan 26 orang penumpang, dan 18 orang berhasil selamat ditolong kapal lain yang melintas.

Sedangkan penumpang lainnya dinyatakan hilang, dan akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Tim SAR Gabungan pun melakukan operasi pencarian korban hilang selama empat hari, dan berhasil menemukan seluruh korban.

Operasi pencarian korban kapal tenggelam telah menemukan kedelapan korban yang hilang dalam keadaan meninggal dunia beberapa mil laut dari lokasi kejadian.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Kantor Basarnas Jambi, Ibnu Harris Al Hussain melalui keterangan resminya.

Korban terakhir atas nama Berliana Meilani ditemukan tim SAR Gabungan pada Selasa, 25 Mei 2021 pukul 17.30 WIB di sekitar Pulau Berhala atau 18 Nautical Miles (NM) arah barat laut dari lokasi kejadian.

Kepala Basarnas Jambi Ibnu Harris Al Hussain menyampaikan, korban terakhir ditemukan oleh Tim SAR Gabungan Pada Pukul 17.30 WIB dan langsung dievakuasi menuju posko gabungan dengan RIB 02 Basarnas.

“Korban sampai di Posko SAR Nipah Panjang sekitar Pukul 19.30 WIB dan langsung dibawa menuju Puskesmas Nipah Panjang, “ungkapnya.

Dengan berhasil ditemukannya seluruh korban, maka ia sebagai SAR Mission Coordination mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh unsur Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Tim Basarnas Jambi, Polda Jambi, DVI Polda Jambi, Polairud Polda Jambi, Polres Tanjab Timur, TNI AL, Kodim 0419 Tanjab, KPLP, Dinas Kesehatan Tanjab Timur.

Juga dari Persatuan Nelayan Tanjung Jabung Timur dan Barat, BPBD Tanjab Timur, Dinas Sosial, PMI, BMKG, Pemerintah Kabupten Tanjung Jabung Timur, Pemerintahan Kabupaten Lingga Kepri, Media dan masyarakat yang sudah terlibat mulai dari hari kejadian hingga seluruh korban ditemukan.

Selanjutnya, setelah ditemukannya seluruh korban, maka Operasi SAR KM Wicly Jaya Sakti yang tenggelam di perairan Tanjung Jabung ia nyatakan ditutup dan untuk semua unsur SAR yang terlibat dapat kembali ke kesatuan masing-masing. (*)