Menkes Lapor Presiden Bahwa Kasus Covid Melonjak Luar Biasa

Siatuasi di desa-desa di Kudus Jateng yang menerapkan lockdown. (alurnews.com/foto cnn)

JAKARTA, ALURNEWS.COM – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan dirinya sudah melaporkan peningkatan kasus Covid-19 yang luar biasa kepada Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas yang diselenggarakan Senin (21/6/2021) ini.

Budi berujar, pada rapat tersebut dirinya sudah melaporkan berbagai hal mulai dari keterisian rumah sakit, tenaga kesehatan, hingga obat-obatan yang diperuntukkan untuk Covid-19.

Pemerintah mengaku telah menyiapkan itu semua untuk menghadapi lonjakan kasus yang terjadi saat ini.

“Kami sampaikan memang sampai saat ini terjadi peningkatan luar biasa, dan itu penting untuk bisa fokusnya bukan hanya ke sisi hilir di sisi rumah sakit, di sisi penanganan orang sakit, tapi lebih penting lagi fokus ke sisi hulu bagaimana kita mencegah agar orang sehat ini jangan menjadi sakit,” jelas Budi dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Budi, fokus ke pencegahan pada sisi hulu di samping memperkuat sisi hilir atau rumah sakit adalah arahan Presiden Jokowi pada ratas kali ini. Fokus pencegahan ialah dengan mempertegas pelaksanaan PPKM Mikro di lapangan.

Di samping itu, Kepala Negara juga menginstruksikan dirinya untuk mengakselerasi vaksinasi demi tercapainya herd immunity.

“Arahan beliau sangat jelas, beliau memberikan arahan dua hal agar kita menangani di sisi hulunya dengan baik, sehingga mengurangi tekanan ke sisi hilirnya. Di mana kita bisa menangani agar mencegah orang sehat ini tidak menjadi sakit, bukan hanya menangani orang yang sudah sakit menjadi sembuh”.

“ Arahan beliau adalah kita harus memperkuat implementasi lapangan untuk program PPKM Mikro, dan yang kedua kita harus mempercepat vaksinasi,” pungkasnya.(*)