Militer China Marah, AS dan Kanada Kirim Kapal Perang Berlayar di Selat Taiwan

Ilustrasi (Ft.Google)

BEIJING, AlurNews.com – Militer China pada Minggu (17/10/2021) mengutuk Amerika Serikat (AS) dan Kanada karena mengirim kapal perang berlayar di Selat Taiwan pekan lalu.

Beijing menuding Washington dan Ottawa mengancam perdamaian dan stabilitas di kawasan itu sebagaimana dilansir Reuters.

Terbaru, militer AS mengakui bahwa dua kapal perang masing-masing milik “Negeri Paman Sam” dan Kanada berlayar melalui Selat Taiwan.

Kapal milik AS tersebut adalah kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS Dewey. Sedangkan kapal milik Kanada adalah fregat HMCS Winnipeg.

Kedua kapal itu berlayar melalui jalur air sempit yang memisahkan Taiwan dengan China tersebut pada Kamis (14/10/2021) dan Jumat (15/10/2021).

“Pelayaran Dewey dan Winnipeg melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS dan sekutu serta mitra kami untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata militer AS.

Komando Palagan Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengatakan, pasukannya memantau kapal-kapal itu dan “berjaga-jaga” di sepanjang pelayaran kedua kapal.

“AS dan Kanada berkolusi untuk memprovokasi dan menimbulkan masalah. Sangat membahayakan perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan,” kata China.