Cegah Rasa Haus Saat Berpuasa, Coba 3 Tips Ini saat Sahur

Disarankan minum dua gelas air saat buka puasa dan sahur. (Foto: hallo sehat)

AlurNews.com – Makan sahur sangat penting untuk mempersiapkan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Menahan rasa haus di tengah cuaca panas menjadi tantangan tersendiri bagi orang yang berpuasa.

Terlebih lagi saat bulan puasa, tubuh cenderung lebih lemas dan lesu. Tetapi, jangan khawatir. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan supaya puasa tetap lancar dan daya tahan tubuh tetap terjaga. Yuk simak tipsnya dikutip dari beritasatu.com:

Minum Dua Gelas Air Saat Sahur dan Berbuka

70% tubuh manusia terdiri dari air, sehingga air memiliki peran penting untuk tubuh, seperti melarutkan zat gizi dan membawanya ke berbagai bagian tubuh. Air mineral menjadi pilihan yang sehat saat sahur dan berbuka. Apalagi saat puasa, cairan dalam tubuh hilang. Oleh karena itu, penting untuk kita memenuhi cairan dalam tubuh dengan minum air mineral saat sahur dan berbuka. Tetapi, berapa gelas air mineral yang harus kita minum saat sahur dan berbuka?

Minum setidaknya dua gelas air mineral setiap sahur dan berbuka untuk membantu agar cairan tubuh tetap terjaga saat berpuasa selama berjam-jam.

Gulf Times menyarankan untuk secara teratur minum air mineral sejak waktu berbuka puasa. Yakni dengan minum 1-2 gelas air dan makan kurma saat berbuka puasa. Anda juga bisa membawa air minuman kemasan 1 liter saat bepergian untuk salat tarawih di malam hari. Serta menyiapkan air minum di dekat tempat tidur.

Tapi pastikan air mineral yang dikonsumsi harus yang terjamin bersih dan sehat, seperti Le Minerale yang mengandung mineral esensial yang baik untuk tubuh. Kemasan Le Minerale juga terproteksi, tutupnya rapat dan kedap udara jadi dijamin bebas dari cemaran virus dan debu. Apalagi saat puasa, tubuh kita kan lebih rentan. Jadi, kita harus perhatikan segala sesuatu yang dikonsumsi. Serta menjamin apa yang kita konsumsi bersih dan sehat.

Hindari Kafein

Hindari minuman berkafein saat sahur. Menurut Medline, minuman berkafein memang dapat merangsang sistem saraf pusat Anda dan memberikan efek meningkatkan energi. Akan tetapi, perlu diingat kalau minuman kafein adalah diereutik, sehingga mendorong tubuh Anda untuk membuang kelebihan garam dan air dari tubuh lewat urine.

Diketahui, diereutik membuat Anda lebih sering buang air kecil. Ini bisa berimbas pada kekurangan cairan tubuh. Apalagi jika Anda tidak menggantikan cairan tubuh yang hilang. Jadi, lebih baik pilih minuman bebas kafein seperti air mineral ya

Konsumsi Makanan Tinggi Air

Selain air mineral, makanan dengan kadar air tinggi bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Seperti timun, tomat, semangka, stroberi, apel, serta bayam dapat membantu mencukupi cairan tubuh anda saat berpuasa.

Nah, itu dia beberapa tips untuk mencegah rasa haus saat berpuasa. Jadi saat sahur, minumlah dua gelas air mineral serta hindari minuman berkafein. Anda juga bisa mengonsumsi makanan dengan kadar air tinggi. Yuk dicoba tipsnya dan selamat berpuasa. (ib)