Reshuffle Kabinet, Zulkifli Hasan Bakal Jadi Mendag?

Ketua PAN Zulkifli Hasan dan Presiden Jokowi. (Foto: Istimewa)

AlurNews.com – Isu reshuffle kabinet semakin kencang berhembus. Bahkan hari ini, Rabu (16/6/2022) kabarnya reshuffle akan dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas bakal menduduki jabatan Menteri Perdagangan (Mendag) di reshuffle kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Mengutip CNNIndonesia.com, informasi tersebut disampaikan oleh sumber yang merupakan kader PAN. Ia menyampaikan Zulhas akan dilantik menjadi Mendag menggantikan Muhammad Lutfi pada hari ini, Rabu (15/6).

“Zulhas Mendag, fix,” kata sumber yang menolak disebutkan namanya tersebut.

Dia menambahkan, PAN hanya mendapatkan alokasi satu menteri dalam reshuffle kabinet kali ini. Menurutnya, PAN tidak mendapatkan alokasi jabatan menteri atau wakil menteri lainnya seperti yang sempat diisukan dalam sejumlah kesempatan.

“[PAN] cuma satu menteri,” katanya.

Zulhas diketahui menemui Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta.

Kedatangan Zulhas tak terlihat di pintu depan. Namun, Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto memastikan Zulhas sudah bertemu Jokowi.

“Beliau masih di Istana,” kata Bima melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Selasa (14/6) sore.

Bima menyebut Zulhas datang sendiri menemui Jokowi. Tak ada elite PAN yang mendampingi Zulhas dalam kesempatan itu.

Wali Kota Bogor itu mengaku tak tahu posisi apa yang ditawarkan Jokowi untuk Zulhas. Ia hanya berharap PAN mendapat posisi strategis di kabinet. (ib)