BMKG Prediksi Batam Diguyur Hujan Hingga Minggu Depan

Hujan mengguyur Kota Batam. (Foto: istimewa/ilustrasi)

AlurNews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) kelas I Hang Nadim Batam memperkirakan wilayah Batam dan Kepulauan Riau akan terus diguyur hujan hingga Minggu depan.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Suratman mengatakan seminggu kedepan Batam dan beberapa daerah di Kepri masih berpotensi hujan.

“Diperkirakan kondisi masih sama dominan cerah berawan berpotensi hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat,” katanya, Sabtu (25/6).

Suratman menyebutkan, bahwa selain potensi hujan, gelombang laut tinggi juga diperkirakan di wilayah perairan Kepri.

“Ada potensi terjadi gelombang kategori sedang dengan ketinggian hingga 2,5 m di perairan Bintan dan Anambas,” jelasnya.

Suratman menyebutkan, potensi hujan di wilayah Kepri termasuk kota Batam dipengaruhi adanya daerah belokan angin shearline di sekitar wilayah Kepri menyebabkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan.

“Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada pagi, siang, dan dini hari di wilayah Kepri,” ujarnya.

Suratman menambahkan, bahwa untuk cuaca di wilayah Kepri pada Minggu (26/6) diperkirakan berpotensi diguyur hujan.

“Secara umum, cuaca esok hari diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada pagi, siang dan dini hari,” ujarnya.

(Bob)