Polairud Polresta Barelang Imbau Transportasi Laut Waspadai Cuaca Ekstrim

Kasat Polairud Polresta Barelang, Kompol R Moch Dwi Ramadhanto. (Foto: AlurNews.com)

AlurNews.com – Kepala Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polresta Barelang, Kompol R Moch Dwi Ramadhanto mengimbau kepada pengguna transportasi laut agar selalu waspada mengingat cuaca saat ini yang tidak menentu.

“Sehubungan dengan cuaca buruk yang melanda wilayah Batam beberapa hari ini, kita menekankan lagi pada pengguna jasa laut untuk selalu berhati-hati, terutama bagi nelayan,” ujarnya,Selasa (20/9/2022).

Wilayah Kota Batam saat ini memasuki musim penghujan yang bisanya mulai November hingga April. selain itu gelombang laut juga mesti dihindari pengguna transportasi laut.

“Jika cuaca buruk jangan dipaksakan melaut, update perkembangan cuaca oleh BMKG. terutama untuk nelayan yang menggunakan kapal kecil, juga untuk transportasi antara pulau,” ujarnya.

Ramadhanto juga mengingatkan agar kapal penumpang berukuran kecil seperti boat pancung dan kapal nelayan yang berukuran kecil agar memperhatikan keselamatan berlayar.

“Kepada nelayan-nelayan, selalu gunakan alat keselamatan seperti life jacket, dan jika kondisi cuaca tidak bagus, sebaiknya tidak turun ke laut,” ucapnya.

Pihaknya juga akan rutin melakukan patroli di wilayah perairan Batam.

“Kami selain patroli juga mengingatkan kepada pengguna dan pemilik armada transportasi laut untuk tetap memperhatikan keselamatan saat melakukan penyeberangan, sebab cuaca saat ini sedang tidak bagus,” ujarnya.

Data dari BMKG kelas I Hang Nadim Batam menyebutkan untuk cuaca perairan Kota Batam pada Rabu (21/9/2022) kecepatan angin di wilayah Batam diperkirakan mulai dari 5 kilometer per jam hingga 25 kilometer per jam.

Untuk arus laut dari arah barat menuju utara dengan kecepatan 5 centimeter per detik hingga 30 centimeter per detik. ketinggian gelombang laut diperkirakan 0,5 meter hingga 1,25 meter masuk dalam kategori rendah. (Bob)