Masyarakat Keluhkan Program Sembako Murah, Sekda Batam Sebut Pembagian Terbatas

Warga antre dapatkan paket sembako murah Pemko Batam. (Foto: alurNews)

AlurNews.com – Program pembagian sembako murah dikeluhkan masyarakat Batam yang merasa kecewa. Pasalnya, kuota kupon yang dibagikan hanya untuk 15 Kepala Keluarga (KK) per RT, membuat banyak warga tidak mendapatkan akses ke program sembako murah tersebut.

Merespons keluhan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, mengungkapkan bahwa pemerintah memang tidak mampu membagikan sembako murah kepada seluruh masyarakat Kota Batam. Hal ini dikarenakan anggaran yang tersedia terbatas.

“Memang terbatas. Kalau semuanya tak bisa dong. Kan sudah ada persyaratannya siapa yang dapat, kalau dibagikan semua abis anggaran kita,” jelas Jefridin, Jumat (10/3/2023).

Jefridin juga menjelaskan bahwa pihaknya hanya dapat menyiapkan sebanyak 96 ribu paket sembako, sementara jumlah penduduk Kota Batam mencapai 1,2 juta jiwa.

Adapun kriteria untuk memperoleh sembako murah tersebut adalah warga harus memiliki KTP Batam dan membutuhkan bantuan sembako.

“Yang jelas tak mungkin untuk orang kaya. Yang memilih siapa yang dapat RT/RW yang menentukan,” katanya.

Meskipun jumlah paket sembako yang disediakan sudah cukup besar, Sekda Jefridin Hamid mengakui bahwa masih banyak masyarakat yang tidak mendapatkan akses ke program sembako murah tersebut.