Kepala BP Batam Sebut Pembangunan Demi Investasi Tertata

pembangunan demi investasi
Kepala BP Batam Muhammad Rudi. Foto: Humas BP Batam

AlurNews.com – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi mengatakan saat ini banyak pekerjaan besar yang sedang digarap. Hal tersebut untuk membuat Kota Batam sebagai kawasan tujuan investasi bisa semakin tertata dan modern.

Kota Batam diharapkan memiliki aksesibilitas yang mumpuni sebagai pusat logistik di Kawasan Asia Tenggara ke depannya. Di antaranya pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan Bandara Internasional Hang Nadim, hingga pengembangan Pelabuhan Batuampar.

Rudi mengatakan di tahun 2023 ini BP Batam kembali melanjutkan pembangunan dan peningkatan ruas jalan arteri yang menghubungkan Batuampar hingga Batubesar, Nongsa. Pembangunan jalan tersebut mencapai panjang 20 km untuk tahun tunggal atau single year tahun anggaran 2023.

Baca juga: Kepala BP Batam Ajak Masyarakat Jaga Iklim Investasi

“Pembangunan ruas jalan tersebut dimulai pada 5 Januari hingga 31 Desember 2023,” kata Rudi, Rabu 12 April 2023.

Kemudian di Pelabuhan Batuampar juga telah didatangkan satu unit ship to shore (STS) crane untuk mempercepat layanan bongkar muat peti kemas. Alat canggih itu untuk memuaskan pelanggan yang menggunakan jasa kepelabuhan dan mempercepat proses bongkar muat di wilayah Indonesia bagian Barat.

Rudi mengatakan pembangunan infrastruktur menjadi pilihan sebagai pondasi utama yang disiapkan untuk menggeliatkan investasi di Batam.

“Hal tersebut untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi investor, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi di Batam,” ujarnya.

Selain pembangunan wilayah, kemajuan suatu daerah juga ditunjang oleh keberhasilan koordinasi dan sinergitas seluruh stakeholders. Sebab, sinergitas pemerintah bersama seluruh stakeholders menjadi kekuatan utama dalam kelancaran pembangunan.

“Adanya integrasi dan kolaborasi antara TNI, Polri, Pemerintah Kota dan BP Batam, merupakan kunci dalam menjaga stabilitas dan kelancaran pembangunan daerah.” kata Rudi.

Semangat sinergitas inilah yang telah mampu menciptakan suasana yang kondusif. Sehingga masyarakat merasa aman dan investor semakin nyaman, serta proses pembangunan menjadi lancar. (Pije)