Produk Unggulan UMKM Kepri Dipamerkan di Bandara Soekarno Hatta

produk unggulan UMKM Kepri
Produk unggulan UMKM Kepri dipamerkan di Bandara Soekarno Hatta. Foto: Istimewa/BI Kepri.

AlurNews.com – Produk unggulan UMKM Kepri dipamerkan di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta sejak 1 Juli lalu hingga 30 Juli mendatang. Pameran ini merupakan kerja sama antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepri dengan Pemprov Kepri, PT Angkasa Pura II dan Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang.

Promosi dan pameran kegiatan produk dilakukan di lantai dasar Terminal 3 Bandar Udara Soekarno- Hatta. Showcasing pertama berada di area komersil tepatnya di depan seberang pintu kedatangan, dan showcasing kedua berada di area gerai Gerai Nusantara.

“Sinergi antarinstansi dan kolaborasi ini merupakan upaya untuk memperluas akses pasar UMKM Kepri dan menghasilkan impact yang nyata dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Kepri yang berkelanjutan,” terang Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kepri, Dewi Kumalasari Ansar, Selasa (18/7/2023).

Baca Juga: UMKM Batam Dipanggil untuk Gabung di Minang Fest 2023

Pemilihan Terminal 3 Bandara Soetta, dikarenakan salah satu pintu gerbang moda transportasi udara bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Oleh karena itu, penyelenggaraan promosi dan pameran diharapkan dapat menjadi ajang, memperkenalkan produk unggulan UMKM Kepri yang telah lolos kurasi kepada pasar domestik maupun luar negeri.

Produk unggulan yang dipasarkan, antara lain produk kuliner, fashion, wastra dan kriya yang berasal dari 7 Kabupaten/Kota se-Kepri, yang disejalankan dengan promosi destinasi wisata unggulan serta pagelaran seni dan budaya Kepulauan Riau.

Kegiatan ini diikuti oleh 110 IKM/UMKM dengan lebih dari 150 jenis produk unggulan se-Kepulauan Riau untuk diperkenalkan dan dipasarkan kepada pengunjung.

“Sampai hari ini produk yang berhasil dijual sebesar Rp87.702.000 dengan jumlah pengunjung sebanyak 451 pengunjung,” lanjutnya.

Pemprov Kepri juga menyampaikan apresiasi atas kerja sama dan kolaborasi antarinstansi dalam mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Selain itu, Dewi juga menyampaikan bahwa promosi dan pameran produk unggulan UMKM Kepri akan menjadi acuan untuk mengevaluasi serta menguji efektivitas strategi, program kerja, pembinaan, dan pendampingan yang dilakukan seluruh pihak dalam memajukan UMKM Kepri. (Nando)