Resmikan Gedung Museum Natuna, Ini Pesan Wan Siswandi

Bupati Natuna Wan Siswandi meresmikan Gedung Museum Natuna yang menelan anggaran Rp34 miliar, Kamis (27/7/2023). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Bupati Natuna Wan Siswandi meresmikan Gedung Museum Natuna yang menelan anggaran Rp34 miliar, Kamis (27/7/2023).

Wan Siswandi menyampaikan, gedung tersebut mulai dibangun sejak tahun 2016 dan rampung pada tahun 2021 lalu.

“Ini sudah direncanakan sejak tahun 2013, namun baru sekarang diresmikan. Museum ini diserah terima dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) pada 2 September tahun lalu,” ujarnya.

Gedung Museum Natuna kini sudah terisi dengan benda-benda yang layak dijadikan sebagai isi museum pada umumnya.

“Gedung Museum Natuna sudah terlihat dan sudah terisi dengan berbagai material purbakala seperti gerabah, peninggalan Dinasti China, pedang pusaka, bedil, peninggalan masa penjajah, perabotan rumah tangga tempo dulu,” ucapnya.

Ia berharap dengan adanya museum ini dapat memberikan manfaat bagi pembangunan di Kabupaten Natuna terutama sekali pembangunan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).

Selain itu, terlihat naskah-naskah sejarah yang dipajang dengan papan pumplat di sebagian dinding museum. Kemudian terdapat juga ruang sinema (audio visual) yang menampilkan kisah dan sejarah tentang Natuna.

Persemian ditandai dengan pengguntingan pita, pembukaan papan plang, tepuk tepung tawar dan dilanjutkan dengan meninjau isi museum. Kegiatan dihadiri oleh seluruh pejabat Pemkab Natuna, Forkompinda Natuna dan tokoh masyarakat Kabupaten Natuna. (Fadli)