Buka Indomaret Sendiri Sudah Termasuk Syaratnya, Siapkan Uang Segini

Gerai Indomaret. (Foto: indomaret)

AlurNews.com – Franchise atau bisnis waralaba merupakan salah satu model usaha yang cukup populer di Indonesia. Salah satu bisnis yang membuka kemitraan lewat sistem franchise adalah Indomaret.

Indomaret sendiri merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari. Anak perusahaan Salim Group ini sejatinya sudah mulai membuka pola kemitraan (franchise Indomaret) bagi masyarakat luas sejak tahun 1997.

Lalu yang menjadi pertanyaan saat ini, berapa sih biaya buka usaha Indomaret dan apa saja syaratnya? Melansir dari situs resmi perusahaan, berikut syarat, tahapan kerja sama, hingga rincian biaya buka Indomaret:

Syarat Buka Gerai Indomaret

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Menyediakan lokasi tempat usaha di area komersial dengan luas ideal 120-200 m2
  3. Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket : IMB/PBG, NPWP, PKP, Ijin Lingkungan, Domisili (apabila diperlukan), NIB, STPW dan Ijin Lainnya Sesuai Ketentuan Perizinan yang berlaku
  4. Menyediakan dana investasi
  5. Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem Waralaba Indomaret

Tahapan kerja sama buka Indomaret

  1. Presentasi pertama
    Supaya presentasi berjalan lebih efektif dan bisa langsung ditindak- lanjuti, bagi terwaralaba yang sudah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti : Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi. Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional toko.
  2. Presentasi kedua
    Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi. Biasanya pada presentasi kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan) yang mencakup butir- butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan terwaralaba dalam mempersiapkan pembukaan toko, renovasi bangunan, pembelian peralatan toko, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.
  3. Pembukaan Toko
    Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera sebelum toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

Estimasi biaya yang diperlukan buka Indomaret

  • Franchise fee untuk 5 tahun Rp 36 juta
  • Promosi dan persiapan pembukaan toko Rp 9,5 juta
  • Renovasi dan tambah daya listrik Rp 221,5 juta (estimasi biaya renovasi bangunan apabila bangunan awal bukan ruko, maka akan ada penyesuaian biaya)
  • Peralatan elektronik dan non-elektronik Rp 227 juta

Jika ditotal, maka modal yang dibutuhkan untuk buka gerai Indomaret dengan sistem waralaba sebesar Rp 494 juta. Namun, perlu diingat bahwa biaya tersebut dapat berbeda tergantung pada kondisi bentuk bangunan dan tipe toko.

Untuk informasi lebih lanjut atau ingin melakukan pendaftaran, kamu dapat mengunjungi situs resmi perusahaan diindomaret.co.id. (ib)