Temui Massa Demo, Rudi Janji Bakal Sampaikan Aspirasi ke Pusat

massa demo
Kepala BP Batam Muhammad Rudi saat menemui massa demo tolak relokasi Rempang,. Foto: Humas BP Batam.

AlurNews.com – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi menemui massa aksi demonstrasi yang digelar warga dengan agenda menolak relokasi di Pulau Rempang. Saat menemui massa, Rudi berjanji akan menyampaikan aspirasi masyarakat Pulau Rempang ke pemerintah pusat.

“Alhamdulillah, saya sudah menemui perwakilan dari masyarakat dalam rangka pengembangan investasi PT MEG di Pulau Rempang. Ada tuntutan dari mereka agar 16 kampung tua di sana tidak dipindahkan. Aspirasi ini akan kami sampaikan ke kementerian terkait,” kata Rudi, Rabu (23/8/2023).

Sejak awal sosialisasi, lanjut Rudi, masyarakat di sekitar Rempang juga telah meminta kepada BP Batam dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Bahlil Lahadalia saat berkunjung ke Kantor Kecamatan Galang agar pemerintah tidak merelokasi kampung mereka.

Baca Juga: Layangkan Tuntutan ke Kepala BP Batam, Warga Rempang: Kami Tolak Direlokasi

Namun BP Batam tidak dapat memutuskan langsung permintaan tersebut. Sebab, rencana pengembangan Pulau Rempang merupakan proyek strategis nasional dan keputusannya pun berada di tangan pemerintah pusat.

“BP Batam bersama kementerian terkait juga sudah beberapa kali melaksanakan rapat perihal rencana ini. Kami hanya bertugas melanjutkan rencana investasi yang sudah disepakati sejak tahun 2004 lalu terkait pengembangan Pulau Rempang,” kata dia.

Pria yang juga menjabat Wali Kota Batam ini berharap, masyarakat dapat menjaga situasi kondusif Kota Batam dan mengajak masyarakat agar tidak mudah terprovokasi.

“Apa yang masyarakat sampaikan perihal permintaan tersebut akan kita bawa ke pusat. Di sisi lain, pemerintah harus segera menyelesaikan investasi ini,” kata dia. (red)