PLN Tambah 10 Mesin Pembangkit, Listrik di Karimun Bakal Suprlus Daya

mesin pembangkit listrik karimun
ULP PLN Tanjung Balai Karimun mulai pasang instalasi untuk pembangkit listrik baru di Karimun. Foto: AlurNews.com/Andre

AlurNews.com – Dalam meningkatkan kualitas kelistrikan di Karimun, Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Tanjung Balai Karimun menambah 10 unit mesin pembangkit listrik.

Mesin-mesin yang didatangkan langsung dari Kota Batam itu memiliki kapasitas daya 6 hingga 8 Megawatt (MW), yang nantinya akan ditempatkan di PLTD Bukit Carok, Kecamatan Tebing.

Manager ULP PLN Karimun, Budimansyah menyebutkan penambahan mesin pembangkit tersebut guna meningkatkan layanan dan pelayanan kelistrikan di wilayah Karimun.

Baca Juga: PLN Butuh 5 Hari untuk Pulihkan Gangguan Pembangkit Listrik

Budi mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pemasangan instalasi dan pondasi, sehingga mesin pembangkit tersebut dapat segera beroperasi pada November mendatang.

“Tanggal 27 September lalu mesin nya sudah sampai dan ditempatkan di PLTD Bukit Carok, saat ini sedang proses pemasangan instalasi dan pondasinya dulu,” kata Budi, Senin (2/10/2023).

Menurutnya, dengan adanya penambahan 10 unit mesin itu, kelistrikan di Karimun mengalami surplus atau kelebihan daya hingga 8 Megawatt.

Surplus daya listrik tersebut diharapkan dapat membuat kelistrikan di Karimun semakin terkendali dan membaik, bahkan minim adanya pemadaman listrik bergilir.

“Mudah-mudahan dengan adanya penambahan mesin ini dapat membuat kelistrikan di Karimun semakin membaik. Untuk itu kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat,” ujarnya. (Andre)