Ilmuwan China Kembangkan Baterai Lithium-ion Cepat Isi Ulang

Ilustrasi. (Foto: ist)

AlurNews.com – Sekelompok ilmuwan China telah berhasil mengembangkan jenis baterai lithium-ion yang memungkinkan pengisian daya ponsel hingga 90 persen dalam waktu hanya 10 menit. Baterai ini didasarkan pada grafit dan memiliki lapisan fosfor sangat tipis pada permukaannya.

Lapisan tersebut dapat dengan cepat berubah menjadi antarmuka elektrolit padat kristal dengan konduktivitas ionik yang tinggi, seperti yang diungkapkan dalam penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Energy, seperti dikutip dari Kantor Berita Xinhua, Kamis (2/11/2023).

Tim peneliti dari Universitas Sains dan Teknologi Huazhong menguji baterai ini dengan menggunakan anoda grafit. Hasilnya, baterai ini mampu mencapai kapasitas sebesar 80 persen hanya dalam waktu 6 menit, dan bahkan mencapai 91,2 persen dalam waktu 10 menit.

Dalam skenario pengisian daya selama enam menit, kapasitas baterai tetap stabil pada 82,9 persen selama lebih dari 2.000 siklus pengisian, sesuai dengan temuan dari penelitian tersebut.

Yang menarik, baterai ini tidak hanya memiliki kinerja yang luar biasa, tetapi juga dapat diproduksi dengan metode yang sederhana dan ekonomis. Hal ini membuka peluang besar di pasar baterai yang memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan, demikian diungkapkan oleh para peneliti. (red)