Piaggio Luncurkan Tampilan Baru Vespa Primavera, Begini Penampakannya

Vespa Primavera 2023. (Foto: Piaggio)

AlurNews.com – Perusahaan di bawah payung sub-brand Vespa, yaitu Piaggio Group, baru-baru ini mengungkapkan versi terbaru dari skutik klasik mereka, Vespa Primavera dan Sprint S, dalam rangkaian acara EICMA Milan 2023.

Walaupun mempertahankan desain klasik yang menjadi ciri khas, keduanya kini dilengkapi dengan sejumlah fitur modern yang menjawab kebutuhan mobilitas digital, khususnya bagi kalangan muda. Demikian dikutip dari Otosia.com, Sabtu (11/11/2023).

Tampilan Vespa Primavera dan Sprint S tetap memancarkan daya tarik desain klasik, dengan lampu depan berbasis LED yang mempertahankan siluet bulat ikonik dan sentuhan retro yang menawan. Meskipun desain keseluruhan tetap setia pada akar-akar Vespa yang legendaris, beberapa fitur baru telah diterapkan untuk memberikan nuansa yang lebih segar.

Fasia Vespa Primavera tetap menghadirkan lampu depan LED bulat yang mengikuti gaya klasik, sementara lampu sein kini telah ditingkatkan dengan teknologi LED. Spakbor yang dihiasi dengan ornamen chrome, yang sering dikenal sebagai ‘Jengger’, masih mempertahankan ciri khas Vespa Primavera.

Adanya perubahan signifikan terletak pada lampu belakang yang juga telah beralih ke bohlam LED, memberikan pencahayaan yang lebih terang dan modern. Di sektor kaki-kaki, Vespa Sprint menghadirkan pembaruan dengan pelek aluminium yang memiliki desain yang lebih aerodinamis, sementara Vespa Primavera tetap setia pada model pelek palang lima yang diberi sentuhan sporty yang lebih modern.

Fitur-fitur baru juga telah ditanamkan, terutama pada varian Primavera Tech. Primavera Tech hadir dengan sistem kunci pintar (keyless), layar instrumen Full TFT Screen, dan kemampuan konektivitas smartphone melalui fitur yang dikenal sebagai ‘Vespa Mia’.

Selain itu, Vespa juga menjadikan teknologi listrik sebagai komitmen serius pada model-model terbarunya. Varian e-Primavera dan e-Sprint S hadir sebagai opsi motor listrik dengan kecepatan maksimum mencapai 45 km/jam dalam mode ECO dan 90 km/jam dalam mode Sport.

Dibekali oleh pengalaman dari Vespa Elettrica, keduanya ditenagai oleh motor listrik berdaya 4 kW dan baterai berkapasitas 48V 86Ah. Proses pengisian daya memerlukan waktu sekitar empat jam dengan daya 220V.

Walaupun tetap menawarkan opsi mesin bensin konvensional, termasuk pilihan mesin 150cc yang mungkin akan masuk ke Indonesia, Vespa Sprint S dan Primavera di EICMA 2023 menghadirkan berbagai varian mesin, mulai dari 50cc, 125cc, hingga 150cc. Mesin 150cc SOHC i-get mampu menghasilkan tenaga sebesar 14 Hp dengan transmisi CVT yang sangat halus, memberikan pengalaman berkendara yang menghibur. (red)