Kualifikasi Piala Dunia 2026: Iraq Bantai Indonesia 5-1

Iraq bantai Indonesia 5-1 di kualifikasi Piala Dunia 2026. (Foto: dok PSSI)

AlurNews.com – Hasil buruk dialami Timnas Indonesia usai dibantai Irak 1-5 pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Internasional, Basra, Irak, Kamis (16/11) malam.

Anak asuh Shin Tae Yong sempat membuat Irak kesulitan menciptakan peluang pada awal babak pertama berkat pertahanan disiplin Rizky Ridho dan kawan-kawan.

Namun kesalahan yang dilakukan timnas Indonesia membuat Irak unggul 1-0 pada menit ke-19 melalui Bashar Resan.

Pada menit ke-35 sebuah umpan silang dari Ali Jassim gagal diantisipasi dengan baik oleh Jordi Amat. Upaya Jordi melakukan sapuan dengan sundulan justru membuat bola masuk ke gawang. Indonesia tertinggal 0-2.

Pada menit akhir waktu tambahan babak pertama, Indonesia memangkas jarak. Upaya Rafael Struick mengejar bola kemudian menghasilkan assist kepada Shayne Pattynama yang mencetak gol debut bagi Indonesia.

Saddil Ramdani dan Arkhan Fikri masuk pada babak kedua guna menambah daya sengat Indonesia.

Irak kembali mencoba menggebrak untuk menjauh dari kejaran Indonesia, namun lagi-lagi pertahanan anak asuh Shin Tae Yong tampil cukup kukuh.

Setelah kesulitan menembus pertahanan Indonesia, Osamah Jabbar tak menyia-nyiakan peluang ketika memiliki kans melepas tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti pada menit ke-60. Bola meluncur mendatar melewati blok Elkan Baggott dan Jordi Amat, juga tak tergapai Nadeo.

Irak memainkan bola dengan nyaman sembari menunggu kesalahan dari Indonesia yang masih mencari pola permainan terbaik untuk menambah gol lagi.

Beberapa eror yang dilakukan pemain Indonesia kembali menghasilkan situasi berbahaya di area pertahanan.

Saat Indonesia kesulitan membangun serangan, Irak lagi-lagi bisa mencetak gol pada menit ke-81 melalui Youssef Amyn yang menceploskan bola dari depan gawang.

Dua menit jelang waktu normal berakhir, Indonesia kebobolan lagi. Ali Ibrahim memaksimalkan umpan terobosan saat Indonesia mencoba menyerang. Ibrahim melakukan solo run dan melesakkan gol kelima untuk Irak.

Selanjutnya Indonesia akan menghadapi laga tandang ke Filipina pada 21 November. Sementara Irak akan bertamu ke Vietnam. (ib)